Vietnam Cabut Izin Film Abominable dari Bioskop Karena Peta Laut China
DreamWorks/Pearl
Movie

Vietnam Cabut Izin Film Abominable dari Bioskop Karena Peta Laut China

Dina
Selasa, 15 Oktober 2019 12:48 WIB 15 Oktober 2019, 12:48 WIB

INDOZONE.ID - Vietnam mencabut izin film 'Abominable' dari bioskop lantaran ada adegan yang menunjukkan sebuah peta yang menggambarkan wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Adegan tersebut dianggap telah menyinggung karena menampilkan sebuah peta di mana wilayah China membentang hingga Laut China Selatan yang berbentuk U.

Pencabutan film tersebut telah dikonfirmasi oleh menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Vietnam, Ta Quang Dong melalui surat kabar Thanh Nien. Film Abominable ini sendiri telah ditayangkan di bioskop Vietnam pada 4 Oktober.

China mengklaim wilayah yang kaya sumber daya alam itu sebagai miliknya sendiri. Sementara itu, negara-negara Asia Tenggara yang berada lebih dekat secara geografis dengan daerah tersebut menolak keras pernyataan China.

Mereka juga mengatakan bahwa sebagian wilayah itu adalah hak mereka. Ketegangan China dan Vietnam sudah terjadi sejak Juli lalu.

Saat itu, Beijing mengirimkan kapal untuk melakukan survei sumber daya energi di perairan yang dikontrol Vietnam.

Film Abominable diproduksi bersama oleh DreamWorks Animation dengan perusahaan Pearl Studio yang berbasis di Shanghai, yang dimiliki oleh konglomerat hiburan China, China Media Capital. Jadi, adegan tersebut kemungkinan bukan sebuah kesengajaan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU