3 Karakter Fiksi yang Paling Rajin Difilmkan
Deretan karakter fiksi yang paling banyak difilmkan dan diperankan banyak aktor. Salah satu contohnya SHerlock Holmes (IMDB)
Movie

3 Karakter Fiksi yang Paling Rajin Difilmkan

Atau diperankan banyak aktor

Senin, 20 Januari 2020 05:52 WIB 20 Januari 2020, 05:52 WIB

INDOZONE.ID - Para kreator fiksi memiliki caranya tersendiri untuk menciptakan tokoh pujaannya masing-masing. Baik itu untuk genre fiksi realistis atau pun fiksi fantasi.

Masing-masing kreator memiliki caranya tersendiri membuat karakter itu menjadi ikonik dan kemudian disuka banyak orang. Sehingga akhirnya dihidupkan melalui berbagai media.

Di antara mereka, ada beberapa karakter yang paling sering diangkat ke dalam bentuk cerita. Ada yang dibuat dalam bentuk drama teatrikal, drama radio, layar kaca, animasi, sampai ke layar lebar. 

Beberapa di antaranya sudah diperankan oleh berbagai aktor kenamaan dunia. Bahkan ada beberapa tokoh fiksi yang rajin diadaptasi dan diperankan oleh banyak aktor. 

Nah, berikut ini ada tiga karakter fiksi yang paling banyak diperankan oleh berbagai aktor dan diangkat ke layar lebar.

1. Sherlock Holmes 

Sherlock Holmes
Sherlock Holmes (IMDB)

Karakter ini diciptakan oleh penulis Skotlandia, Sir Arthur Conan Doyle dan muncul pertama kali pada tahun 1887 silam lewat 'A Study In Scarlet.' Seperti yang dikutip dari buku sejarah cerita detektif 'Murder For Pleasure' (1954) karya Howard Haycraft, Sherlock Holmes merupakan tokoh detektif konsultan asal London paling fenomenal dan ikonik di seluruh dunia.

Sherlock Holmes diciptakan saat industri Inggris sedang jatuh, di mana kejahatan banyak merajalela di jalanan. Hal itu membuat warga Inggris menganggap kepolisian Inggris tidak becus menangani masalah kejahatan. Sampai akhirnya munculah tokoh detektif Sherlock Holmes yang membuat publik Inggris terpukau dan berharap bahwa kepolisian Inggris bisa mencontoh tokoh Sherlock Holmes.

Tokoh ini juga masuk dalam Guinness World Records sebagai tokoh fiksi yang paling banyak diperankan oleh banyak aktor. Seperti yang dikutip dari situs resmi Guinness World Records di tahun 2012 lalu, sudah terhitung kurang lebih 100 aktor yang pernah memerankan tokoh Sherlock Holmes di 250 adaptasi. Yang paling terkenal di antaranya adalah Robert Downey Jr, Benedict Cumberbatch, Basil Rathbone, dan Jeremy Brett.

2. Count Dacula

Count Dracula
Count Dracula (IMDB)

Tokoh gothic dan horor Count Dracula diciptakan oleh penulis Inggris Bram Stoker lewat novel 'Dracula.' Tokoh yang muncul pertama kali di tahun 1897 silam ini dikenal sebagai tokoh penghisap darah yang tinggal di kastil Transylvania. 

Count Dracula digambarkan adalah mayat hidup dari seorang aristrokat dan keturunan dari Attila the Hun. Tidak seperti vampire dari negeri Tiongkong yang menyeramkan, Count Dracula digambarkan tampan, bangsawan, dan punya cita rasa yang tinggi.

Dracula merupakan tokoh yang paling banyak diperankan oleh aktor di posisi kedua setelah Sherlock Holmes dan hadir dalam berbagai macam budaya pop era kekinian. Terhitung lebih dari 80 aktor yang pernah memerankan tokoh tersebut.

3. Peter Pan

Peter Pan
Peter Pan (IMDB)

Peter Pan dikenal sebagai tokoh fiksi fantasi karya penulis asal Skotlandia, J. M. Barrie yang kebetulan satu kampus dengan pencipta Sherlock Holmes, Arthur Conan DOyle. Peter Pan dikenal bocah yang ogah untuk menjadi dewasa dari negeri fantasi Neverland.

Peter Pan sendiri dikenal sebagai ikon budaya yang melambangkan masa muda dan pelarian. Ia juga digambarkan sebagai tokoh anak-anak yang melawan penindasan orang dewasa yang digambarkan melalui lawannya, Captain Hook. 

Tokoh ini juga paling sering muncul di budaya pop kita sampai saat ini. Ia pernah berulangkali di angkat ke berbagai bentuk adapatsi. Mulai dari film animasi, drama teater, layar kaca, ataupun layar lebar. Tak lupa, Peter Pan menjadi tokoh yang paling banyak dibuatkan patung di berbagai negara di dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US