The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Netizen Korea Tanggapi Kisruh Drakor 'Racket Boys' yang Telah Lecehkan Indonesia
Adegan dari Drama Racket Boys. (Youtube/JTBC News).
Movie

Netizen Korea Tanggapi Kisruh Drakor 'Racket Boys' yang Telah Lecehkan Indonesia

Ikut kritik para penulis dan produser drakor tersebut.

Minggu, 20 Juni 2021 16:02 WIB 20 Juni 2021, 16:02 WIB

INDOZONE.ID - Kisruh drama asal Korea Selatan 'Racket Boys yang lecehkan penonton Indonesia di episode 5 kini telah menjadi pemberitaan di negerinya sendiri pasca diserang netizen Indonesia. 

Pemberitaan tersebut membuat para netizen asal Korea Selatan juga memberikan tanggapan yang rata-rata juga mengkritik pihak SBS terkait drakor tersebut.

Hal itu terlihat dari kolom komentar di pemberitaan JTBC News di Youtube yang diunggah pada Sabtu (19/6/2021) lalu. 

Beberapa diantaranya menyindiri SBS yang sudah berulang kali melakukan kesalahan tersebut. Bahkan dari mereka menganggap pihak SBS telah menjatuhkan dan membuat malu negaranya sendiri.

“SBS memang seperti itu. Stasiun penyiaran yang mendistorsi dan mengumpat budaya asli Korea adalah seperti itu,” tulis seorang netizen Korea.

“Karena pemirsa menjadi lebih beragam, saya pikir kita harus lebih berhati-hati ketika berhadapan dengan budaya dari negara lain,” tulis Knetz lainnya.

“Saya pikir penulisnya tidak waras. Ini mencoreng harga diri bangsa. Berapa banyak rasa sakit dan kebencian yang kita derita saat didiskriminasi di masa lalu?” tulis akun Ra go.

“Di era global ini, periksa hal-hal yang mungkin sensitif terlebih dahulu dan buatlah. Mengapa orang-orang yang disebut penulis dan produser melakukan ini?” tulis akun lainnya.

“Hallyu (Korean Wave) akan bertahan lama hanya jika sikap menghormati budaya lain digabungkan, jangan menjadi katak di dalam sumur,” tulis akun lainnya.

"Sebagai orang Korea, saya ingin meminta maaf atas insiden rasisme ini. Saya meminta maaf kepada masyarakat orang Indonesia, Dan banyak orang Korea juga menyesalkan kejadian ini," kata seorang netizen dalam bahasa Inggris.

Komentar netizen Korea mengkritik drama Racket Boys.
Komentar netizen Korea mengkritik drama Racket Boys. (Youtube/JTBC News).

Baca Juga: Media Korea Selatan Soroti Kontroversi Drama Racket Boys yang Rendahkan Indonesia

Seperti yang diketahui, episode 5 drakor tersebut mengisahkan tim badminton Korea Selatan yang tengah bertanding di Jakarta, Indonesia, dalam salah satu event internasional.

Di episode itu juga terdapat dialog yang dianggap menyudutkan Indonesia, terutama panitia pelaksana bulutangkis. Adegan itu memperlihatkan pelatih dan sejumlah pemain yang meluapkan kekesalannya dalam obrolan di restoran salah satu hotel di Jakarta.

"Kelakuan yang buruk," ujar sang pelatih sembari memukul meja.

"Pak, tenang. Bapak tahu ini bukan kali pertama," ujar salah satu atletnya.

"Kamarnya buruk sekali. Mereka (tuan rumah) berlatih di stadion dan kita dipaksa latihan di salah satu tempat latihan yang tidak terdapat AC. Si berengsek itu," kata sang pelatih lagi.

Meski pihak SBS sudah meminta maaf, namun banyak netizen Indonesia yang tidak terima lantaran permintaannya hanya dituliskan di kolom komentar, tanpa membuat permintaan maaf resmi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US