Joko Anwar Beri Tips Persiapkan Produksi Film dengan Ponsel
photo/ANTARA/HO Samsung Electronics Indonesia
Movie

Joko Anwar Beri Tips Persiapkan Produksi Film dengan Ponsel

Sabtu, 28 Desember 2019 10:30 WIB 28 Desember 2019, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Sutradara dan penulis skenario film Joko Anwar memberikan tips bagi mereka yang ingin membuat film dengan memanfaatkan gawai yang dimiliki. 

Dikutip dari siaran resmi Samsung pada Jumat, Joko membagi kiat mempersiapkan film lewat Online Class Galaxy Movie Studio. 

Menurutnya dalam pembuatan film diperlukan kreativitas yang dieksplor dan konsistensi penyusunan alur cerita yang televan dan menarik. 

Tips menyiapkan film ini ini, Joko berikan dengan menggunakan ponsel Galaxy Note 10. 

Ide 

Ide menjadi dasar terbentuknya sebuah cerita yang akan dituangkan ke dalam naskah dan ide ini bisa berasal dari mana saja. 

"Hal yang paling sederhana yang sering saya lakukan untuk mendapatkan sebuah ide adalah dengan memperhatikan orang sekitar serta kejadian yang ditemui sehari-hari," kata Joko.

Namun sebelum ide hilang, si pembuat film harus dapat menangkap informasi yang ada disekitarnya dengan merekam dan catatan, mengambil foto atau video. 

Setelah mendapatkan ide, tidak ada salahnya untuk menceritakan secara lisan pada orang terdekat untuk melihat sudut pandang lain dan akan membantuk memperkaya cerita. 

Skenario

Ide yang telah didapat tuangkan menjadi skenario untuk panduan bagi mereka yang terlibat dalam dunia produksi film. 

"Harus selalu diingat, film yang menarik biasanya berasal dari skenario yang menarik juga. Di dalam skenario tersebut harus memiliki karakter penokohan yang kuat, yang memiliki definisi pandangan hidup yang jelas serta relevan dengan ide awal yang dipilih," ujar Joko.

Pra-produksi

Setelah skenario selesai di tulis, maka tahap selanjutnya adalah persiapan film atau pra-produksi. 

"Hal lain yang juga tidak kalah penting dan harus dicapai adalah untuk menyamakan visi semua orang yang terlibat pada proses serta mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi film tersebut, seperti cast, alat dan sebagainya," kata Joko.

Tahap ini tak kalah penting dari tahap lainnya, sebab jika tidak dipersiapkan dengan matang akan berpengaruh pada pengambilan gambar di lapangan. 

Bagi Joko Anwar komitmen yang tinggi dari berbagai peran dan kepala departemen yang terlibat juga sangat diperlukan bagi kesuksesan sebuah film. 

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US