The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Review 'Enola Holmes 2': Kasus Baru dengan Tempelan Sejarah Pergerakan Buruh Wanita
Review Enola Holmes 2. (IMDB).
Movie

Review 'Enola Holmes 2': Kasus Baru dengan Tempelan Sejarah Pergerakan Buruh Wanita

Selasa, 08 November 2022 08:43 WIB 08 November 2022, 08:43 WIB

INDOZONE.ID - Sekuel dari kisah detektif remaja 'Enola Holmes 2' baru saja tayang di Netflix pada akhir pekan lalu. Film yang mengangkat cerita adik perempuan dari tokoh detektif termasyhur Sherlock Holmes menceritakan sebuah kasus baru yang pelik dan tak kalah seru dari prekuelnya.

Film ini mengembalikan nama Millie Boby Brown dan Henry Cavill yang muncul di film pertamnya. Termasuk beberapa artis lainnya seperti Lois Partridge, Helena Bonham Carter, Susie Wokoma, Adeel Akhtar dan beberapa nama baru seperti Seranna Su-Ling Bliss, Hannah Dodd, David Thewlis, Gabriel Tierney, serta Sharon Duncan-Brewster.

Film yang diangkat dari novela seri karyat Nancy Springer dan disutradarai oleh Harry Bradbeer ini kembali mengangkat kasus misterius dengan balutan sejarah pergerakan wanita di Inggris pada era Victoria.

Baca Juga: Enggak Tutup Kemungkinan Ada Spin-Off Sherlock Usai 'Enola Holmes 2', Kata Henry Cavill

Enola Holmes 2.
Review Enola Holmes 2. (IMDB).

Kasus untuk dua bersaudara.

Setelah kasus di film pertama, Enola Holmes (Millie Bobby Brown) merasa percaya diri merintis kantornya sendiri. Namun kantornya sepi karena klien tak percaya perempuan muda bisa menjadi detektif. 

Hingga akhirnya munculah gadis kecil bernama Bessie Chapman (Seranna Su-Ling Bliss) yang meminta bantuan Enola untuk mencari kakaknya, Sarah Chapman (Hannah Dodd) yang menghilang.

Enola Holmes pun mengunjungi pabrik pembuatan korek api tempat Sarah dan menemukan jejak Sarah mengacu pada nama-nama petinggi pabrik dan bangsawan. Merasa banyak kejanggalan, Enola menemui kakaknya Sherlock Holmes (Henry Cavill) yang juga sedang menyelidiki kasus misterius.

Ternyata kedua kasus kakak beradik sangat berkaitan dan berbahaya yang membuat keduanya mencari cara bagaimana mencari jawaban dari permasalahan yang ada.

Enola Holmes 2
Review Enola Holmes 2. (IMDB).

Petualangan menyenangkan 

Film yang satu ini adalah jenis film yang menghibur meski ada kasus misterius dan sandi-sandi khusus. Warna tone yang penuh warna, dialog yang dinamis, serta humor-humor segar membuat kisahnya menarik untuk dinikmati.

Akting para aktor pun terbilang istimewa, meski harus beberadaptasi dengan plot dan adegan yang sedikit tidak konsisten di sana-sini. 

Akting Millie Bobby Brown tidak perlu diragukan lagi, meski yang menjadi sorotan di kisah ini adalah sosok Henry Cavill sebagai Sherlock Holmes. Hasilnya, akting dan penokohan Sherlock  di film kedua jauh berbeda, sementara Cavill dipuji bermain sebagai karakter Sherlock Holmes yang sudah dikenal selama ini. 

Baca Juga: Sinopsis 'Enola Holmes 2' Diumumkan, Misteri Baru untuk Millie Bobby Brown dan Sherlock

Isu sejarah pergerakan buruh wanita di Inggris.

Setelah di film pertamanya mengangkat tentang pergerakan memperjuangkan hak suara wanita di Inggris, di film kedua ini isu yang diangkat adalah pergerakan buruh wanita yang menentang kebijakan dan penindasan pabrik korek api. 

Enola dan sosok Sarah yang mengetahui ada permainan dari para petinggi pabrik tentang fosfor yang membunuh para buruh wanita dengan tudingan penyakit tipes. 

Sosok Sarah Chapman yang muncukl juga merupakan bagian dari sejarah pergerakan wanita buruh di Inggris yang dikenal dengan 'MatchGirl's Strike yang pernah terjadi di Inggris.

Kendati banyak berisi sejarah, namun semua yang dituturkan bukanlah kisah fiksi historikal karena waktu dan timeline filmnya berbeda dengan sejarah aslinya.

Enola Holmes 2 bisa disaksikan di Netflix sejak 4 November lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli
Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US