The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

CEK FAKTA: Apakah Animasi Upin & Ipin Berasal dari Kisah Nyata Orang yang Sudah Meninggal?
Cek Fakta tentang animasi Upin & Ipin. (Photo/Twitter/@lescopaque)
Movie

CEK FAKTA: Apakah Animasi Upin & Ipin Berasal dari Kisah Nyata Orang yang Sudah Meninggal?

Bagamana aslinya?

Senin, 17 Januari 2022 21:45 WIB 17 Januari 2022, 21:45 WIB

INDOZONE.ID - Tagar #UpinIpin membanjiri dinding platform Twitter - menyusulnya banyaknya netizen yang mengira bahwa cerita animasi Upin & Ipin berasal dari kisah halu Opah atau nenek kedua karakter tersebut. 

Benarkah kisah Upin & Ipin berasal dari kisah nyata? Jawabannya adalah tidak. Sebelumnya viral sebuah video yang memperlihatkan kuburan bertuliskan nama Upin dan Ipin yang meninggal pada tahun 1995 dan 1996.

Setelah video itu viral, banyak netizen yang melakukan 'cocoklogi' dan berargumen bahwa Opah dari dua karakter kembar itu berhalusinasi kalau keduanya masih hidup. Bahkan disebutkan, kalau semua warga di dusun itu memaklumi halusinasi si Opah dengan kehadiran Upin & Ipin.

"Banyak yang gatau kalo di animasi Upin Ipin ternyata Opah lagi halu kalo cucunya tuh masih hidup. Kak Ros, ‘Tok Dalang, sama yang lainnya memaklumi hal tersebut dengan tetap berpura-pura mengiyakan halusinasi Opah," tulis akun Twitter (dari tweet yang telah dihapus).

Faktanya, argumen yang disampaikan oleh beberapa netizen justru dibantah oleh pihak studio animasi Upin & Ipin, yakni Les' Copaque Production Sdn Bhd. Studio ini merupakan organisasi manufaktur animasi 3 dimensi dengan status MSC yang berbasis di Shah Alam, Selangor, Malaysia.

Pihak studio menyebutkan bahwa semua cerita Upin & Ipin adalah murni fiksi dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Kisah kedua karakter itu tidak diambil atau diilhami dari kisah siapa pun yang masih hidup atau yang telah meninggal.

Baca juga: Dave Bautista Bagikan Foto Rekaman Suara untuk Proyek Animasi yang Masih Rahasia

"Ide asli cerita Upin & Ipin ini dari Hajah Ainon yang juga pengisi suara Opah. Setiap cerita yang ditulis tidak hanya mudah dipahami tetapi juga sarat dengan pesan-pesan yang bermanfaat," tulis Les' Copaque Production melalui laman Twitter resmi.

Di samping itu, disebutkan juga bahwa Haji Burhanuddin selaku Managing Director Les' Copaque Production adalah pengisi suara Tok Dalang. Ia juga berbagi pengalamannya tumbuh besar di desa dalam serial Upin & Ipin.

Kemudian, ada pertanyaan yang membenak di hati 'Mengapa Upin dan Ipin tidak memiliki ibu dan ayah?' Pihak studio menjelaskan, saat Upin & Ipin Season 1 tayang di TV9, animasi itu hanya proyek sampingan. Karena keterbatasan waktu dan kurangnya tenaga, tidak ada karakter baru yang diproduksi dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin yatim piatu.

Lalu kenapa Upin & Ipin botak? Pihak studio juga mengatakan bahwa saat Upin & Ipin Season 1 diproduksi, LCP harus mempersingkat biaya dan mempercepat proses pembuatan. Ingin melakukan hair (simulasi rambut) bila terlalu memakan waktu. Jadi, Upin dan Ipin dirancang untuk botak tetapi Upin memiliki sehelai rambut.

Pihak studio juga menerangkan bahwa siapapun yang ingin mengetahui cerita dan sejarah berdirinya Les' Copaque Production, maka bisa mendapatkan buku karangan Tn Haji Burhanuddin yang akan beredar di pasaran pada bulan Maret 2022 mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli

M Fadli

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US