The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mirip Kasus Sambo, 'A Few Good Men' Kisahkan Pembunuhan Prajurit yang Ditutupi Instansi
A Few Good Man. (imdb)
Movie

Mirip Kasus Sambo, 'A Few Good Men' Kisahkan Pembunuhan Prajurit yang Ditutupi Instansi

Sabtu, 13 Agustus 2022 15:27 WIB 13 Agustus 2022, 15:27 WIB

INDOZONE.ID - Ada film yang juga mirip dengan kasus Brigadir J dan Ferdy Sambo. Film itu berjudul A Few Good Men yang rilis pada 1992.

Ya, hingga kini kasus pembunuhan Brigadir J masih menjadi intensi publik yang sangat diperbincangkan. Sebab, banyak fakta yang justru membuat masyarakat terkejut, mulai dari komandannya sendiri yang menjadi dalang atas kematiannya.

Ternyata di balik kasus pembunuhan Brigadir J yang dilakukan oleh Irjen Ferdy Sambo,

A Few Good Men merupakan film drama hukum Amerika Serikat yang didasarkan pada drama Aaron Sorkin pada tahun 1989. Kisah ini ditulis oleh Sorkin dan disutradarai oleh Rob Reiner.

Bahkan film ini juga dibintangi oleh Tom Cruise, termasuk beberapa aktor lainnya seperti Jack Nicholson, Demi Moore, Kevin Bacon, Kevin Pollak, JT Walsh, Cuba Goodin Jr., dan Kiefer Sutherland.

Lantas apa yang membuat film ini mirip dengan kasus pembunuhan Brigadir J? Mari kita bedah filmnya dan lihat apa saja kemiripannya.

Review Film A Few Good Men

film mirip kasus brigadir J
A Few Good Men. (imdb)

A Few Good Men mengalami cerita di Pangkalan Angkatan Laut Teluk Guantanamo di Kuba, di mana Prajurit William Santiago merupakan seorang marinir yang lemah, dan memiliki hubungan buruk dengan marinir lainnya.

Letnan Kolonel Matthew Markinson kemudian menganjurkan Santiago untuk dipindahkan, tetapi Komandan Pangkalan Kolonel Nathan Jessup justru memerintahkan peleton Santiago, Letnan Jonathan James Kendrick untuk membunuh Santiago.

Setelah itu Kopral Marinir Lance Harold Dawson dan Prajurit Kelas Satu, Louden Downey dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap Santiago dan menghadapi pengadilan militer.

Kasus ini kemudian menyita perhatian karena pihak pangkalan militer berusaha untuk menyimpan rahasia ini diam-diam. Namun, Korps JAG Angkatan Laut Amerika Serikat Letnan Komandan Joanne Galloway dan Letnan Daniel Kaffee (Tom Cruise) mencurigai Dawson dan Downey.

Setelah melakukan penyelidikan, ternyata Dawson dan Downey mendapatkan perintah 'kode merah' atau hukuman tidak tertulis yang merupakan hukum paling kejam. Hukuman ini bisa menghilangkan seseorang anggota marinir dari pangkalan.

Perintah Red Code (Kode Merah) ini dikeluarkan oleh Jessup karena menurutnya itu adalah kepentingan militer. Ternyata, Santiago selama ini dianggap kurang berguna untuk kepentingan militer, tetapi yang seharusnya dipindahkan, justru dipindahkan ke dunia lain alias mati.

Sementara Dawson dan Downey pada saat yang sama dibebaskan dari tuduhan pembunuhan, tapi mereka diberhentikan secara tidak hormat. Mereka juga menyesali perbuatan mereka karena tidak melindungi orang yang lemah seperti Santiago.

Kemiripan dengan Kasus Brigadir J

Sejauh ini, kasus Brigadir J mirip dengan film A Few Good Men. Bedanya, kasus Brigadir J masih dalam penyelidikan dan motif yang belum jelas. Yang pastinya, Brigadir J dibunuh atas perintah komandannya sendiri.

Brigadir J ditembak oleh Bharada E karena perintah dari komandannya. Ini menjadi peristiwa yang cukup mencuri perhatian, termasuk transparansi fakta yang masih dirahasiakan di dalam Polri sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
M. Rio Fani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US