The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dukung Perjuangan Tibet, Film Keanu Reeves Diblokir dari Platform Streaming di China
Keanu Reeves telah diblokir olah perusahaan platform streaming di negeri tirai bambu. (ANTARA/Flickr/@Nathan Congleton)
Movie

Dukung Perjuangan Tibet, Film Keanu Reeves Diblokir dari Platform Streaming di China

Minggu, 03 April 2022 14:35 WIB 03 April 2022, 14:35 WIB

INDOZONE.ID - Film yang dibintangi Keanu Reeves dilaporkan telah ditarik dari beberapa platform film streaming di China setelah ia menunjukkan dukungan untuk Tibet.

Diketahui Tibet merupakan wilayah dengan sejarah perlawanan terhadap pemerintah pusat China yang dikenal sensitif secara politik.

Pada bulan Januari, aktor Hollywood itu membuat marah pengguna media sosial China ketika mereka mengetahui bahwa dia akan berpartisipasi dalam konser amal virtual untuk Tibet pada 3 Maret.

Bahkan menurut Los Angeles Times pada 14 Maret, film-film aktor tersebut dihapus dari platform utama, termasuk Tencent Video, Youku, dan iQiyi.

Namun, masih belum jelas apakah ini dilakukan karena ada usaha penyensoran yang dikeluarkan negara atau platform streaming yang mengambil tindakan secara independen.

Masih menurut LA Times di antara film-film tersebut yang diblokir, beberapa hit terbesar aktor Keanu Reeves seperti film "Speed", "The Matrix", trilogi, dan "Bill & Ted's Excellent Adventure,".

Seperti yang dikutip Insider, ketika pengguna berusaha mencari nama aktor dalam bahasa Cina di iQiyi, Tencent Video, dan Youku, hasilnya, tidak ada nama Reeves ditemukan di sana.

Perwakilan pihak Reeves juga tidak segera menanggapi permintaan pertanyaan terkait hal ini.

Diketahui Aktor tersebut adalah selebriti asing terbaru yang menginjak kaki di China untuk menunjukkan dukungan kepada Tibet.

Sebelumnya Bintang pop Lady Gaga telah dilarang tampil di negara itu sejak 2016 setelah dia mengadakan pertemuan 19 menit dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet yang dipandang oleh Beijing sebagai separatis.

Film-film aktor Richard Gere juga dilaporkan dilarang di China karena kedekatannya dengan Dalai Lama.

Di luar masalah Tibet, bintang pop Kanada Justin Bieber mendapati dirinya dilarang tampil di China pada 2017 setelah memposting foto dirinya mengunjungi Kuil Yasukuni di Jepang.

Tindakan itu menimbulkan kegemparan saat kuil itu memperingati kematian perang Jepang dan secara luas dianggap di Cina dan Korea Selatan sebagai simbol kurangnya penyesalan Jepang atas kekejaman masa perangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US