The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Review Film Gangubai Kathiawadi: Kisah Nyata Perjuangan Pekerja Seks di India Hidup Setara
Film Gangubai Kathiawadi. (Dok. imdb)
Movie

Review Film Gangubai Kathiawadi: Kisah Nyata Perjuangan Pekerja Seks di India Hidup Setara

Minggu, 26 Juni 2022 11:50 WIB 26 Juni 2022, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - Bollywood kembali mengeluarkan film terbaru berjudul Gangubai Kathiawadi yang rilis pada tahun 2022. Gangubai Kathiawadi merupakan sebuah film yang menceritakan kehidupan para pekerja seks komersial di sebuah kota. 

Para pekerja seks komersial tersebut tidak dengan sukarela menjadi pekerja seks. Kebanyakan para pekerja seks dijual oleh kerabat dekat mereka sendiri. Film ini menyorot kehidupan Ganga Harjivandas, Ganga berasal dari keluarga kaya dari Kathiawadi. 

gangubai
Film Gangubai Kathiawadi. (Dok. imdb)

Ganga memiliki mimpi untuk menjadi seorang artis Bollywood. Pada usia 16 tahun, Ganga jatuh cinta dengan Ramik yang merupakan pegawai dari ayah Ganga. Ramik berjanji akan menjadikan Ganga aktris Bollywood. 

Pada perayaan ulang tahun Ganga, Ramik mengajak Ganga ke Mumbai dan berkata akan memperkenalkan Ganga pada bibinya yang bekerja di Bollywood.

Namun Ganga tidak boleh berpamitan kepada kedua orangtuanya, tak hanya itu Ramik bahkan menyuruh Ganga untuk membawa emas-emasan ibu Ganga. Lalu mereka berdua pergi diam-diam ke Mumbai. Saat sampai di Mumbai, ternyata Ganga dijual ke rumah bordil untuk dijadikan pekerja seks komersial oleh Ramik. 

gangubai
Film Gangubai Kathiawadi. (Dok. imdb)

Ramik juga membawa emas-emasan milik ibu Ganga. Dari situlah Ganga akhirnya bertekad untuk menjadi perempuan tangguh dan berdaya. Ia merubah namanya menjadi Gangu. 

Gangu adalah satu-satunya pekerja seks komersial yang pintar. IIa kerap kali membantu teman-temannya menuliskan surat untuk keluarga mereka. Pada suatu hari Gangu mendapat pelanggan seorang pria kasar dan psikopat. 

Gangu dianiaya sampai mendapatkan banyak luka di tubuhnya. Tetapi nyonya rumah bordil tersebut seakan menganggap itu hal biasa dan tidak melaporkan pelaku yang menganiaya Gangu.

gangubai
Film Gangubai Kathiawadi. (Dok. imdb)

Akhirnya Gangu berjuang seorang diri mencari keadilan untuk dirinya. Ia menemui pimpinan Muslim yang ditakuti di daerah tersebut, yakni Don Rahim Lala. Ia mendengar bahwa pria yang telah memukulnya adalah salah satu anak buah Don Rahim Lala.

Don Rahim Lala berjanji akan memberikan perlindungan untuk Gangu dengan menempatkan anak buahnya di depan rumah bordil. Saat pria yang menganiaya Gangu kembali, Don Rahim Lala pergi ke rumah bordil dan menghajar pria tersebut hingga meninggal.

Dari situlah akhirnya Gangu berhubungan baik dengan Don Rahim Lala. Bahkan Don Rahim Lala menganggap Gangu sebagai saudarinya. Perjuangan Gangu membuat dirinya menjadi nyonya rumah bordil dan dikenal sebagai Gangubai Kathiawadi. 

Sebagai nyonya rumah bordil, ia berjuang untuk hak-hak semua orang di daerah tersebut. Gangu memberikan hari libur untuk teman-temannya di rumah bordil tersebut. Ia juga memperjuangkan hak-hak anak mereka agar bisa sekolah di sekolah umum seperti anak pada umumnya.

gangubai
film Gangubai Kathiawadi. (Dok. imdb)

Tak hanya itu, Gangu juga mengorbankan orang yang ia cintai untuk menikah dengan anak dari temannya yang telah beranjak dewasa agar anak tersebut tidak menjadi pekerja seks komersial seperti orangtuanya. Pernikahan tersebut adalah pernikahan pertama yang terjadi di Kamathipura. 

Melalui bantuan Don Rahim Lala, Gangu mencalonkan diri sebagai pemimpin Kamathipura dan berhasil terpilih menjadi pemimpin. Ia memperjuangkan hak-hak perempuan di Kamathipura di depan banyak orang ketika menghadiri acara tentang hak-hak perempuan.

Gangu menyuarakan ketidakadilan yang didapat perempuan pekerja seks komersial. Hak-hak mereka dilupakan hanya karena pekerjaan yang mereka jalani dimana pekerjaan itu bukan pilihan mereka sendiri.

Gangu mempertanyakan mengapa laki-laki yang memakai jasa mereka tidak mendapat perlakuan yang tidak adil seperti mereka. Masyarakat lebih menyalahkan para pekerja seks komersial dibandingkan dengan orang-orang yang memakai jasa mereka.

Perjuangan Gangu berakhir dengan sempurna. Gangu berhasil memperjuangkan hak-hak para pekerja seks komersial yang selama ini diabaikan.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Mifta Sonia
Mifta Sonia

Mifta Sonia

Community Writer
JOIN US
JOIN US