The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Daftar Istilah dalam Dunia Komik Superhero Indonesia, Mulai dari Adiwira hingga Durjana
Ilustrasi tokoh superhero Indonesia atau Adiwira dari cergam Indonesia. (Instagram/Gundalathemovie).
Movie

Daftar Istilah dalam Dunia Komik Superhero Indonesia, Mulai dari Adiwira hingga Durjana

Kamis, 07 Juli 2022 09:35 WIB 07 Juli 2022, 09:35 WIB

INDOZONE.ID - Dalam dunia komik superhero, ada beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut cerita komik, pahlawan super, penjahat hingga semesta.

Pada komik luar negeri misalnya, istilah-istilah tersebut biasanya dikenal dengan sebutan comic atau komik, superhero, villain dan universe.

Nah, KAMUHARUSTAU kalau komik superhero Indonesia juga punya istilah tersendiri untuk menyebut kata-kata tersebut. Apa saja?

1. Cergam (komik)

Meski kita lebih sering menggunakan kata komik yang merupakan serapan dari istilah asing comic, namun sebenarnya Bahasa Indonesia punya kosakata sendiri untuk menyebut komik, yaitu cergam.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan cergam sebagai cerita-cerita berupa gambar dengan penyajian teks jalannya cerita di dalam atau di bawahnya.

Cergam sendiri merupakan akronim dari cerita bergambar, istilah yang dicetuskan oleh komikus asal Medan bernam Zam Nuldyn pada 1970-an.

2. Adiwira (Superhero)

Untuk cergam Indonesia, sebaiknya kamu tidak lagi memakai kata superhero untuk menyebut pahlawan super. Sebab Bahasa Indonesia punya kosakata sendiri untuk menyebut pahlawan super yaitu Adiwira.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan adiwira sebagai pahlawan super.

Kata adiwira pertama kali muncul pada salah satu cergam terbitan Bumilangit yaitu Gundala.

3. Durjana (Villain)

Dalam cergam adiwira luar negeri, biasanya penjahat disebut dengan villain. Namun dalam cergam adiwira dalam negeri, ada sebutan tersendiri untuk penjahat yang dimaksud yaitu durjana atau durja.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, durjana atau durja diartikan sebagai penjahat atau perbuatan jahat.

4. Jagat (Universe)

Salah satu ciri khas cergam adiwira adalah penceritaan yang menggunakan konsep satu semesta. Pada cergam luar negeri, hal itu biasanya disebut dengan universe.

Di dalam negeri, istilah yang bisa digunakan adalah jagat. Misalnya dua cergam populer di Tanah Air yang mempunyai nama Jagat Sinema Bumilangit dan Jagat Satria Dewa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US