The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Resmi Tayang di Indonesia, Berikut Fakta Menarik Film 'Dune', Nomor 4 Keren Banget
Cuplikan Film 'Dune'. (Youtube/WarnerBross)
Movie

Resmi Tayang di Indonesia, Berikut Fakta Menarik Film 'Dune', Nomor 4 Keren Banget

Apa saja?

Rabu, 13 Oktober 2021 16:38 WIB 13 Oktober 2021, 16:38 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, Warner Bross baru saja merilis pemutaran perdana film 'Dune (2021)'. Film garapan Denis Villeneuve ini memang menjadi salah satu film yang sangat dinantikan di tahun ini. 

Bukan tanpa sebab, pasalnya film adaptasi dari novel populer karya Frank Herbert pada 1965 ini disebut-sebut bakal menghadirkan fenomena budaya pop layaknya 'The Lord of the Rings'.

Sering disebut mirip konsep film 'Star Wars', 'Dune' juga sering dibandingkan dengan film 'Game of Thrones' karena jalan cerita bernuansa politik dan kekuasaannya yang mirip

Namun, dibalik semua hal tersebut, film yang hari ini tayang di bioskop seluruh Indonesia ini memiliki beberapa fakta menarik di dalamnya. Berikut INDOZONE rangkum untuk kamu: 

Baca Juga: Jadi Musuh Spiderman, Jake Gyllenhaal Gugup Hingga Lupa Dialog 'Spider-man: Far from Home'

1. Terinspirasi dari ombak bukit pasir Oregon dan jamur Psikedelik

Frank Herbert, penulis serial novel 'Dune' memaparkan jika dirinya terinspirasi dari sebuah artikel majalah pada 1950-an yang menjelaskan adanya bukit pasir di Oregon. 

Bukit tersebut didorong angin hingga menjadi gelombang ombak yang bergerak dalam kecepatan tinggi sehingga bisa menghancurkan sekelilingnya, bahkan menyebabkan kematian.

Keekstreman bukit pasir ini diwujudkan dengan kehadiran cacing raksasa (Shai-Hulud) yang besarnya tiga kali lipat Godzilla. Dari situlah, muncul ide untuk menciptakan karya masterpiece-nya yang menjadi novel pertama peraih penghargaan bergengsi untuk novel fiksi-sains, Nebula Award pada 1966.

Selain itu, cerita Dune juga tidak terlepas dari kisah planet gurun Arrakis. Planet tersebut jadi rebutan dan tempat perang antar klan, karena menjadi satu-satunya planet tempat melange atau “the spice” ini berada.

2. Dua kali gagal dirilis

Memiliki cerita yang begitu kompleks, kaya akan detail, dan plotnya begitu padat, membuat Dune mengalami beberapa kali perombakan yang menyebabkan pemebuatan film harus tertunda sebanyak dua kali. 

Setiap klan atau faksi memiliki origin masing-masing yang dikemas menjadi satu kesatuan cerita melalui enam serial novelnya.

Pertama, sutradara Alejandro Jodorowsky pernah berusaha menggarap film 'Dune' yang akhirnya tidak pernah terwujud. Jodorowsky bahkan sudah pernah menghampiri Pink Floyd untuk mengisi soundtrack dan mendekati pelukis ternama Salvador Dalí untuk berperan sebagai Emperor Shaddam Corrino IV.

Usai gagal diangkat menjadi film, proyek 'Dune' inipun jatuh ke tangan sutradara David Lynch. Ia berhasil mengadaptasi novel ini ke layar lebar melalui 'Dune (1984). 

Walaupun begitu, film ini dihajar berbagai kritikan dan respons negatif, dan bahkan mendapatkan predikat “Film Terburuk” versi Stinkers Bad Movie Award.

3. Bertabur bintang

Film 'Dune' yang ditunggu-tunggu karena kisahnya yang menarik, berkutat pada perang ideologi yang dikemas dengan latar fiksi ilmiah yang megah. Ditambah lagi, jajaran pemeran yang terdiri dari bintang-bintang papan atas ini membuat film 'Dune' semakin menarik untuk ditonton.

Dalam film ini kita bisa melihat penampilan Timothée Chalamet, Rebecca Ferguson, Zendaya, Oscar Isaac, dan Josh Brolin. Ditambah, Jason Momoa, Dave Bautista, Stellan Skarsgård, Javier Bardem, dan aktor-aktris ternama lainnya.

4. Didukung oleh kru yang mendapat Oscar

Totalitas produksi film 'Dune' ini tak hanya berhenti sampai jajaran bintang papan atas, namun juga kru yang nama-namanya seringkali disebut dalam Academy Award. 

Seperti, editor Joe Walker yang meraih dua kali nominasi Oscar bersama Villeneuve lewat Arrival dan Blade Runner 2049.

Selain itu, sinematografinya juga dipegang oleh Greig Fraser, peraih nominasi Oscar yang juga menggarap 'Rogue One: A Star Wars Story (2016)'. Scoring dalam Dune ini juga diaransemen oleh komposer ternama Hans Zimmer yang telah memenangkan ratusan penghargaan bergengsi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US