The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kru 'Penyalin Cahaya' Diduga Pelaku Pelecehan Seksual, Rekata Studio Ambil Sikap Tegas
Para pemeran film 'Penyalin Cahaya'. (Instagram/@penyalincahaya).
Movie

Kru 'Penyalin Cahaya' Diduga Pelaku Pelecehan Seksual, Rekata Studio Ambil Sikap Tegas

Hapus namanya.

Senin, 10 Januari 2022 18:26 WIB 10 Januari 2022, 18:26 WIB

INDOZONE.ID - Film 'Penyalin Cahaya' sejatinya mengangkat isu kekerasan seksual di kampus yang berkaca dari kejadian di tengah masyarakat. Ironisnya, ternyata salah satu dari kru film tersebut terduga pelaku kekerasan seksual di masa lalu dan membuat publik merasa geram.

Isu ini berhembus kencang di media sosial, khususnya Twitter yang kini menjaid perbincangan publik. Beberapa netizen menyebutkan bila penulis naskah dari film ini adalah seorang 'sex offender'.

"Salah satu penulis naskah Penyalin Cahaya (Photocopier), yang menang di Festival Film Indonesia, adalah terduga pelaku kekerasan seksual. FIlmnya sendiri bercerita tentang kekerasan seksaul di universitas," kata seorang netizen berakun sandhatu. 

Pihak produser dari 'Penyalin Cahaya' yaitu Rekata Studio dan Kaningga Pictures merilis pernyataan resmi terkait kasus ini. Melalui akun resminya, pihak film Penyalin Cahaya bertanggung jawab atas kasus ini sebagai bentuknya menyuarakan korban kekerasan seksual.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari suatu komunitas yang mengelola pelaporan terhadap peristiwa pelecehan seksual, kami mendapati sebuah nama dari tim film 'Penyalin Cahaya' tercatat sebagai terlapor akan dugaan di masa lalunya," bunyi pernyataan tersebut.

Pernyataan sikap film Penyalin Cahaya. (Twitter/PenyalinCahaya).
Pernyataan sikap film Penyalin Cahaya. (Twitter/PenyalinCahaya).

Baca Juga: Mengenal Metropolis, Film Bisu Fiksi Ilmiah Jerman yang Dibuat 1927 Namun Berlatar 2026

Sebagai bentuk tanggung jawabnya, pihak film mendepak yang bersangkutan dari film tersebut. 

"Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film 'Penyalin Cahaya' dan di materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film 'Penyalin Cahaya' dan Rekata Studio."

Film 'Penyalin Cahaya' meraih 12 piala dalam ajang Festival Film Indonesia pada November lalu. Film ini juga rencananya akan ditayangkan tanggal 13 Januari 2022 mendatang di Netflix. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US