The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Moon Knight, Superhero Jelmaan Dewa Bulan Mesir yang Punya Kepribadian Ganda
Sosok Moon Knight dari Marve. (Istimewa).
Movie

Mengenal Moon Knight, Superhero Jelmaan Dewa Bulan Mesir yang Punya Kepribadian Ganda

Marc Spector.

Selasa, 18 Januari 2022 16:10 WIB 18 Januari 2022, 16:10 WIB

INDOZONE.ID - Trailer terbaru serial Marvel Cinematic Universe (MCU) Moon Knight baru saja dirilis beberapa jam lalu. Sosok yang diperankan Oscar Issac ini ternyata menyimpan banyak misteri karena latar belakang dan sumber kekuatannya.

Mengutip situs Marvel, Moon Knight sendiri merupakan karakter superhero dari komik Marvel yang muncul di komik Werewolf by Night #3 yang dirilis 1975 dan diciptakan oleh Doug Moench dan Don Perlin. Karakter dengan kostum serba putih digambarkan sebagai superhero malam karena sering beraksi di malam hari.

Berikut ada beberapa fakta menarik tentang Moon Knight.

1. Marc Spector dan kepribadian ganda (DID).

Sosok Moon Knight dari Marve. (Istimewa).
Sosok Moon Knight dari Marve. (Istimewa).

Dalam komiknya, tokoh ini adalah Marc Spector yang berprofesi sebagai tentara bayaran. Namun, ia memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya karena didiagnosis memiliki dissociative identity disorder (DID), atau kepribadian ganda. 

Selain Marc Spector, ia juga memiliki kepribadian lainnya yaitu seorang jutawan bernama Steven Grant dan seorang supir taksi Jake Lockley. Setidaknya, ada lima kepribadian yang dua lainnya belum diketahui.

2. Mendapat kekuatan dari dewa bulan Mesir bernama Khonsu.

Khonsu, dewa bulan dari Moon Knight.
Khonsu, dewa bulan dari Moon Knight. (Istimewa).

Saat menjadi tentara bayaran, Marc Spector menjalani sebuah misi di Mesir dan ditinggalkan dalam keadaan tewas di padang pasir. Ia kemudian dihidupkan kembali oleh dewa Bulan bernama Khonshu. 

Saat dibangkitkan, ia diangkat sebagai sosok penjelmaan dan imam besar Khonshu dengan nama Moon Knight. Misinya adalah menegakan keadilan untuk melindungi mereka yang bepergian di malam hari. 

3. Punya jaringan informan dan pernah bergabung dengan Avengers.

Moon Knight. (
Moon Knight. (Istimewa)

Pada awal karirnya, Marc memerangi kejahatan di jalanan dengan bantuan jaringan informan, termasuk sahabatnya "Frenchie" Duchamp, tunawisma Bertrand Crawley dan pemilik restoran Gena Landers.

Sejak awal, Marc kebanyakan bekerja sendiri, tetapi dia juga menjadi anggota beberapa tim superhero, termasuk Avengers (Unit Black Ops dan cabang West Coast) serta Heroes For Hire.

4. Mendirikan Midnight Mission yang menerima panggilan dari warga Manhattan  yang takut berpergian malam.

Moon Knight. (
Moon Knight. (Istimewa).

Dalam rangka melanjutkan tugas dari dewanya untuk melindungi warha yang terpaksa harus keluar di malam hari, Moon Knight mendirikan sebuah perkumpulan yang disebut Midnight Mission. Mereka yang bergabung dengannya terdiri dari warga Manhattan yang diperbolehkan meminta bantuan Moon Knight. 

Salah satu kelompok warga yang diselamatkan Moon Knight adalah sekelompok tetangga yang dipaksa berubah menjadi vampir oleh sekte skema piramida vampir. Setelah membunuh sosok di balik sekter tersebut, salah satu korban yang diselematkan bernama Reese, diangkat resepsionis di Midnight Mission dan tangan kanan Moon Knight.

5. Sering disamakan dengan Batman, padahal berbeda jauh.

Moon Knight dan Batman.
Moon Knight dan Batman. (Istimewa).

Karena sering beroperasi di malam hari, ia sering disebut sebagai Batman-nya Marvel. Padahal dari segi kekuatan, asal-usul dan kepribadian sangat berbeda. Silahkan dilihat asal-usul dan karakter, termasuk warna jubahnya.

Berbicara soal kostum putihnya yang mencolok di malam hari, Moon Knight pernah mengatakan kalimat ini.

"Saya tidak memakai kostum putih ini untuk menyembunyikan diri. Saya sengaja memakainya sehingga mereka (penjahat) melihat saya datang. Jadi mereka akan tahu siapa yang dilihat. Karena ketika mereka melihat warna putih, tidak masalah seberapa jago lawan saya, tangan mereka akan gemetar hebat."

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US