The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Suka Nonton Film Horor? Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Yang Tak Banyak Orang Tahu
Ilustrasi film horor 'The Nun'. (Imdb)
Movie

Suka Nonton Film Horor? Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Yang Tak Banyak Orang Tahu

Kamis, 07 Oktober 2021 14:47 WIB 07 Oktober 2021, 14:47 WIB

INDOZONE.ID - Apa kamu suka menonton film horor? Walaupun seram, ternyata banyak orang yang demen nonton film horor, lho. Film-film horor kini semakin banyak, baik buatan dalam negeri sendiri, maupun yang berasal dari luar negeri.

Meski menghadirkan sosok menyeramkan yang bisa bikin penontonnya ketakutan, namun tetap saja film horror punya banyak peminat. Saat menonton film horor, kamu pasti akan merasakan takut, jantung berdebar hingga rasa kaget yang berulang kali.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa kok ada orang yang rela bayar demi mendapatkan rasa takut dan deg-degan sepanjang film.

Manfaat Nonton Film Horor Bagi Kesehatan

Saat ini, ntah itu tren atau bukan tapi banyak orang yang justru menguji dan mencari tahu seberapa tinggi keberanian mereka saat menonton film horor, dan tak jarang muncul kepuasaan tersendiri saat mereka bisa menahan rasa takut tersebut.

Namun, selain mendapatkan rasa 'puas', tak banyak yang tahu bahwa menonton film horor mempunyai dampak baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat menonton film horor yang INDOZONE rangkum buat kamu:

1. Mengurangi Rasa Cemas

manfaat nonton film horor
Ilustrasi nonton. (Unsplash/@freestocks)

Kebanyakan orang berpikir kalau nonton film horor membuatmu jadi lebih cemas. Faktanya, respons tubuh saat nonton film horor justru memicu otak untuk memompa adrenalin, glukosa, dan kortisol di tubuh.

Semua itu membuat rasa cemas dalam dirimu berkurang, terlebih apabila kamu menonton film horor dengan sukarela yang membuatmu merasa aman dibanding merasa melihat ancaman secara langsung di dunia nyata.

2. Membantu Bakar Kalori

manfaat nonton film horor
Ilustrasi bakar kalori. (Unslplash)

Ternyata menonton film horor punya manfaat untuk membakar kalori dalam tubuhmu, lho.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, mengungkapkan bahwa menonton film horor  selama 90 menit dapat membakar 113 kalori, setara dengan saat kamu berjalan kaki selama 30 menit.

Nah, semakin seram film horor yang kamu tonton, maka akan semakin banyak kalori dalam tubuh yang bisa dibakar.

3. Baik untuk Kesehatan Otak

manfaat nonton horor
Ilustrasi otak. (Unsplash/Fakurian Design)

Saat kamu menonton film horor, otak akan melepaskan berbagai senyawa seperti dopamin, serotonin, juga glutamat.

Hal tersebut kemudian memicu otak melepaskan adrenalin yang menghasillkan efek anestesi seperti obat.

Nah, proses itulah yang sangat membantu memperbaiki kesehatan otak dengan meredakan tingkat stres dan kecemasan. Senyawa ini baik untuk kesehatan mentalmu karena bisa mengurangi stres dan kecemasan yang kamu rasakan.

4. Membantu Mengatasi Fobia

manfaat nonton horor
Ilustrasi fobia. (Unsplash/@eri_panci)

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan saat menonton nonton film horor adalah membantu mengatasi berbagai fobia yang mungkin dirasakan.

Misalnya, takut ketinggian, takut ruang sempit, takut kegelapan, atau bahkan takut hantu hingga takut mantan (canda mantan), diklaim bisa hilang usai menonton film horor.

Saat  menonton film horor kamu akan berada di sejumlah kondisi serta suasana tak terduga yang membuat kamu terlatih untuk mengatasi fobia yang dimiliki.

5. Mengusir Stres

manfaat nonton film horor
Ilustrasi stres. (Unsplash/Luis Villasmil)

Wah, bagiamana bisa film horor mengurangi stres, yang ada malah bikin penontonnya jadi tambah stres. Oke, biar penulis jelasin ya.

Ada sebuah studi dilakukan di New York, mengatakan bahwa film horor bisa membantu seseorang mengendalikan emosi hingga bisa mengatasi kondisi stres sehari-hari.

Hal itu terjadi karena alur film horor yang menegangkan menjadikan seseorang berpikir untuk mengalihkan ketakutan, kecemasan dan stres.

Nah, jadi saat seseorang sedang stres, mereka mampu mengatasinya dengan mengalihkan kecemasan dan stres mereka kepada kondisi yang menurut mereka lebih tenang.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US