Mangkujiwo, Horor dengan Campuran Berbagai Macam Genre
Ulasan film kisah asal mula Kuntilanak, 'Mangkujiwo' (IMDB)
Movie

Mangkujiwo, Horor dengan Campuran Berbagai Macam Genre

Ulasan kisah asal muasalnya Kuntilanak

Minggu, 26 Januari 2020 15:28 WIB 26 Januari 2020, 15:28 WIB

INDOZONE.ID - 'Mangkujiwo' bisa disebut sebagai film horor lokal kedua yang muncul di awal 2020.

Film ini berkisah tentang awal kemunculan Kuntilanak yang diwarnai dendam, permusuhan, ritual, dan perebutan loji pusaka. Bermula dari perseteruan dua tokoh kenalan pejabat keraton, Brotoseno (Sujiwo Tedjo) dan Tjokro (Roy Marten).

Keduanya memiliki sepasang pusaka berupa cermin kembar mistis. Yang satu dipegang Broto, sementara yang satu disimpan Tjokro.

Adalah Kanthi (Asmara Abigail), seorang penari yang dihamili oleh Tjokro dan dipasung seperti orang gila dalam kandang sapi. Saat dirinya hamil, Broto membawa pergi Kanti yang ternyata memiliki rencana untuk membuat ritual mistis untuk mengambil bayinya yang nanti tumbuh besar sebagai Uma (Yasamin Jasem). Broto hendak menggunakan Uma untuk balas dendam kepada Tjokro.

Yang menarik dari kisah ini ada pada story telling atau gaya penuturan sang sutradara Kinoi. Ia membuat penuturan dengan gaya ala prosa modern secara maju mundur, Artinya, ada yang terjadi di masa kini dan masa lalu 19 tahun sebelumnya. 

Selain itu, cerita ini menggabungkan berbagai macam genre di luar horor. Salah satunya misteri. Adegannya dibuat seperti kepingan puzzle, sehingg penonton mencoba menebak dan menyusun benang merah yang dibiarkan tercecer di awal-awal cerita. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MVP Pictures (@mvppictures_id) on

Tidak hanya misteri, film ini juga menyajikan gaya thriller dan suspense. Ada ketegangan yang dibangun dalam ceritanya secara perlahan. Selain itu, ada adegan pembunuhan dari para mafia pengumpul loji pustaka membuat cerita ini berwarna. 

Dan yang paling membuat penonton bergidik adalah adegan gore yang menjijikkaan dalam film ini. Mulai dari adegan membelah isi perut tikus, muncratan darah, atau kepala yang terputus. Baik yang wajar maupun lebay. 

Sehingga wajar bila sang sutradara mengungkapkan bahwa film ini tidak fokus dalam menyuguhkan horor semata. Tapi story telling dan ramuan genre lainnya.

"Mungkin ini bisa dibilang horor yang sedikit berbeda dengan yang pernah ada. Semoga penonton bisa menikmatinya," ucap Kinoi di hadapan para penonton. 

Film 'Mangkujiwo' dibintangi oleh Sujiwo Tedjo, Asmara Abigail, Roy Marten, Djenar Mahesa Ayu, Yasamin Jasem dan beberapa artis lainnya. Film ini rencananya akan tayang pada 30 Januari 2020 mendatang.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU