The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rima Melati Meninggal, Artis Segudang Prestasi Blasteran Belanda Piawai Jadi Sutradara
Rima Melati saat menggung di acara televisi di Belanda, Late Late Lien Show. (Foto/Youtube)
Movie

Rima Melati Meninggal, Artis Segudang Prestasi Blasteran Belanda Piawai Jadi Sutradara

Selamat jalan Rima Melati

Kamis, 23 Juni 2022 18:36 WIB 23 Juni 2022, 18:36 WIB

INDOZONE.ID - Rima Melati artis senior yang memiliki segudang prestasi dan karya tutup usia pada usia 84 tahun, telah menorehkan tinta emas di ranah dunia hiburan tanah air.

Artis keturunan Belanda dan Minahasa itu menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pukul 15.14 WIB.

Lahir pada masa Hindia Belanda pada tahun 22 Agustus 1939 di Tondano, Sulawesi.

Diketahui Rima Melati memiliki riwayat penyakit ulkus dekubitus hingga dalam beberapa pekan terakhir mendapatkan perawatan medis intensif.

Semasa hidupnya dia cukup aktif menjalani karir sebagai seorang seni peran. Total ada 98 film yang pernah dibintanginya. Tidak hanya sebagai aktris, Rima Melati juga diketahui seorang sutradara yang cukup handal.

Dia tercatat pernah menggarap film sebagai sutradara, Api Cinta Antonio Blanco (1997), yang dirilis di bioskop sebagai dua film terpisah: Blanco, the Colour of Love (1997) dan Bali Forever (2007).

Reputasi Rima Melati yang begitu mengkilap di dunia hiburan membuatnya kerap diundang ke luar negeri sebagai bintang tamu.

Pada tahun 1979, Rima Melati pernah diundang mengisi acara Late Late Lien Show, sebuah acara televisi di Belanda yang menampilkan kenangan terhadap negeri Hindia Belanda.

Rima Melati saat mengisi acara di televisi Belanda. (Foto/Youtube)
Rima Melati saat mengisi acara di televisi Belanda. (Foto/Youtube)

Tampak paras Rima Melati yang tampil jelita. Mengenakan gaun berwarna merah bercorak bunga-bunga. Dalam acara televisi itu dia menjadi bintang bersama Wieteke van Dort yang menjadi pengisi acara Tante Lien.

Namun kini semua itu tinggal kenangan. Tinta emas telah digoreskan Rima Melati dalam dunia hiburan di tanah air. Karya-karyanya akan terus diingat dalam sanubari publik tanah air.

Rima Melati saat mengisi acara di televisi Belanda. (Foto/Youtube)
Rima Melati saat mengisi acara di televisi Belanda. (Foto/Youtube)

Tidak hanya dikenal di dunia akting, Rima Melati sebelumnya terjun di dunia tarik suara.

Dia awalnya terjun di dunia hiburan pertama kali saat dalam personel grup penyanyi wanita terkemuka pada 1960-an, Baby Dolls, yang terdiri atas Rima, Baby Huwae, Gaby Mambo, dan Indriati Iskak.

Tokoh besar itu telah pergi

Ucapan belasungkawa mengalir di lini media sosial menyusul kepergian aktris senior Rima Melati yang meninggal dunia di usia 84 tahun.

Tidak hanya para sineas yang berduka tapi juga banyak tokoh besar termasuk warganet menyampaikan ucapan dukacita untuk keluarga yang ditinggalkan.

Dennis Adhishawara, di antaranya, yang mengucapkan belasungkawanya melalui akun twitternya menyampaikan rasa kehilangannya.

"Turut berduka sedalamnya atas meninggalnya Ibu Rima Melati. Semoga karya dan segala kebaikan senantiasa menjadi inspirasi," ujar Dennis dikutip dari akun Twitternya, Kamis.

Selain Dennis, ada juga ucapan dukacita dari Gading Marten di instagramnya @gadiiing.

Ia mengunggah foto Rima semasa masih belia dan tampil dengan prima serta menyematkan ucapakan dukacitanya.

"Rest in Peace oma Rima Melati, kekal lah kenangannya. Tuhan kasihanilah," kata anak Roy Marten itu.

Musisi Addie MS juga ikut menyampaikan perpisahan terakhirnya kepada sang bintang yang menjadi aktris terbaik di film "Intan Berduri".

"Selamat jalan, Mbak Rima Melati," katanya dengan pesan yang singkat dan telah disukai 70 orang itu.

Sebelumnya, kabar duka datang dari pihak keluarga menyampaikan Rima Melati menutup usia setelah dalam beberapa pekan terakhir mendapatkan perawatan medis intensif.

Kabar duka itu disampaikan oleh sang menantu Marissa Tumbuan melalui unggahan instagram storiesnya di akun @marissa_tumbuan.

Marissa pun mengunggah sempat mengunggah momen bersama suaminya Aditya Tumbuan bersama sang mertua Rima Melati diiringi dengan lagu "Bunda".

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US