The Founder, Referensi Film untuk Memulai Bisnis
Michael Keaton dalam film The Founder. (Vox)
Movie

The Founder, Referensi Film untuk Memulai Bisnis

Rilis 2016.

Rabu, 19 Februari 2020 13:08 WIB 19 Februari 2020, 13:08 WIB

INDOZONE.ID - Kalau kamu ingin memulai berbisnis namun masih takut memulainya, atau mungkin kamu sekadar sering makan di McDonald's dan penasaran siapa sosok di balik lahirnya restoran fast food yang mendunia tersebut. Maka tidak ada salahnya kalau kamu tonton film yang satu ini.

The Founder, film yang dirilis pada akhir tahun 2016 lalu menceritakan tentang kisah nyata bagaimana awal mula terbentuknya restoran waralaba tersebut. Kisah yang dimulai dengan latar belakang pada tahun 1954 ini bercerita mengenai perjuangan Ray Kroc, seorang salesman yang menjual sebuah brand mixer pembuat milkshake.

Meskipun sudah terbilang memiliki hidup yang nyaman dan sederhana bersama istrinya di Illinois, Amerika Serikat (AS), Kroc ternyata mempunyai ambisi yang besar.

The Founder
The Founder (imdb)

Suatu ketika, Kroc mendapati pesanan mixer dalam jumlah besar dari sebuah restoran di daerah California. Sesampainya di sana Kroc mengetahui bahwa nama restoran tersebut adalah McDonald's dan langsung mengagumi sistem kerja dan pelayanan dari restoran lokal tersebut. Sebab pada masa itu, kebanyakan restoran cepat saji di AS memiliki budaya kerja yang buruk dan amat tidak efisien.

Setelah berkenalan dengan Maurice "Mac" dan Richard "Dick" McDonald, kakak beradik pemilik restoran tersebut, Kroc menyarankan agar mereka membuka bisnis waralaba atas restoran McDonald's karena Kroc melihat potensi besar dari restoran tersebut.

Pada awalnya Mac dan Dick menolak dengan alasan pernah mencoba hal tersebut tapi berakhir gagal. Namun setelah Kroc bersikeras meyakinkan mereka, akhirnya kakak beradik tersebut setuju membuka bisnis waralaba, dengan Kroc sebagai penanggung jawabnya.

mcdonalds
Ilustrasi (Unsplash.com/Joshua Austint)

Singkat cerita, setelah waralaba McDonald's mulai berkembang dan dikenal masyarakat, Kroc kerap kali berselisih dengan McDonald bersaudara karena perbedaan pendapat. Hingga pada akhirnya Kroc mengambil alih seluruh kepemilikan dari bisnis waralaba dengan brand McDonald's tersebut dari tangan McDonald bersaudara.

Meskipun kakak beradik tersebut merasa kecewa dan bahkan Mac sampai jatuh sakit karena shock setelah usahanya diambil alih, Kroc juga tidak bisa disalahkan karena ia mengambil alih usaha secara legal.

Kroc sempat mengunjungi Mac di rumah sakit untuk melihat keadaannya sekaligus menyelesaikan kontrak di antara mereka. Kesepakatan akhir disetujui bahwa McDonald bersaudara menerima cek sebesar USD 2,7 juta dan mendapatkan hak mereka kembali atas restoran asli milik mereka yang berada di California. Namun dengan catatan Mac dan Dick harus mengganti nama restaurant tersebut.

Akhir dari cerita ini terkesan cukup tragis karena setelah tidak diperbolehkan lagi menggunakan nama McDonald's, restoran asli milik McDonald bersaudara tersebut terpaksa ditutup karena kalah saing dan menjadi bangkrut. Sebab, segera setelah mengambil alih McDonald's, Kroc langsung membuka cabang McDonald's tepat di seberang restoran yang pernah menjadi awal mula kesuksesannya tersebut.


Bagi kamu yang penasaran dan tertarik dengan kisah tersebut, yuk segera tonton!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US