Alasan Kenapa Orang Suka Cerita Horor
Alasan mengapa orang suka dengan cerita horor (Ilustrasi/Pixabay)
Movie

Alasan Kenapa Orang Suka Cerita Horor

Berkaitan dengan dua emosi manusia.

Sabtu, 18 Januari 2020 05:52 WIB 18 Januari 2020, 05:52 WIB

INDOZONE.ID - Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), horor adalah sesuatu yang menimbulkan perasaan ngeri atau takut yang amat sangat. Dalam hal ini, mengisahkan sosok dari dunia lain atau alam gaib. Misalnya, cerita mengenai tempat berhantu atau makhluk-makhluk tak kasat mata, seperti kuntilanak, genderuwo, hingga vampir.

Meski membuat bulu kudung merinding, namun banyak orang yang terpikat dengan cerita horor. Buktinya, dengan menjamurnya buku atau film bertema horor di Indonesia, bahkan di seluruh dunia menjadi salah satu buktinya.

Lantas apa yang membuat banyak orang menyukai cerita horor? Menurut salah satu penulis kisah horor 'Surat Dari Kematian," Adham T Fusama kepada Indozone, cerita horor sangat menggelitik emosi dasar semua orang. 

"Saya rasa karena horor menggelitik saya satu primal emotion kita, yaitu rasa takut. Dan horor menawarkan rasa takut yang menyenangkan karena kita dibuat tak menentu, gelisah, deg-degan, merinding, ketakutan, dan lain-lain. Tapi itu semua untuk hiburan. Ya mungkin samalah kayak naik roller coaster. Hiburan yang thrilling makanya bikin ketagihan," tuturnya kepada Indozone.

Surat dari Kematian (Poster Novel Surat Kematian)
Surat dari Kematian (Poster Novel Surat Kematian)

Pendapat senada juga diungkap oleh dua orang peneliti dari dua universitas di Amerika. Melalui sebuah jurnal yang ditulis oleh Eduardo B. Andrade (Universitas California) dan Joel B. Cohen (Universitas Florida) yang berjudul 'On the Consumption of Negative Feelings' (2007), manusia bisa mengalami dan merasakan afeksi positif dan negatif dalam waktu bersamaan. Hal itulah yang biasa terjadi saat kita menonton atau membaca cerita horor.  

"Para penonton film horor itu bahagia untuk menjadi tidak bahagia. Pendekatan baru terhadap emosi ini mengungkapkan bahwa orang mengalami emosi positif dan negatif secara bersamaan," tulis Andrade and Cohen dalam penelitiannya. 

Kedua peneliti itu juga menambahkan bahwa para penikmat film horor menikmati saat dirinya ketakutan. Semakin takut justru semakin senang dirinya.

"Orang (penikmat horor) sebenarnya menyukai saat dirinya ketakutan, tidak hanya lega saat ancaman horor selesai. Justru yang paling menyenangkan adalah di saat adegan paling menyeramkan," tambahnya.  


Nah, bagaimana dengan Sahabat Indozone sendiri? Suka dengan film horor? 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU