The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Review Serial India ‘SHE’: Diskriminasi Polisi Wanita yang Selalu Direndahkan Kaum Pria
Serial India ‘SHE’ (IMDb)
Movie

Review Serial India ‘SHE’: Diskriminasi Polisi Wanita yang Selalu Direndahkan Kaum Pria

Kamis, 07 Juli 2022 16:33 WIB 07 Juli 2022, 16:33 WIB

INDOZONE.ID - ‘SHE’ adalah serial India yang mengisahkan tentang seorang polisi perempuan bernama Bhumi yang harus menafkahi ibu dan adiknya, Ia juga sedang mengalami proses perceraian yang tak kunjung usai.

Bhumi adalah seorang polisi yang dimarjinalkan di kantornya hanya karena dirinya perempuan. Ia diberi tugas berbeda dengan tugas polisi lainnya yang berjenis kelamin laki-laki. Bhumi hanya mendapat tugas mengatur lalu lintas dan mencatat daftar hadir polisi lainnya.

series india
SHE, kisah polisi wanita yang selalu dianggap sebelah mata (IMDb)

Bahkan secara terang-terangan rekan polisinya meragukan kemampuan dirinya dan berkata bahwa seharusnya perempuan tidak menjadi polisi karena hal tersebut akan merepotkan rekan lainnya.

Bhumi adalah sosok anak yang patuh, bahkan ketika ia mendapat perlakuan tidak adil dirinya hanya bisa menerima dan diam karena terlalu lama dibungkam oleh sistem yang berlaku.

she india
Bhumi berbanding terbalik dengan sang adik (IMDb)

Bhumi juga sosok yang enggak berani mengekspresikan dirinya, berbeda dari adiknya yang berani mengekspresikan diri dan tampil berbeda dari perempuan di masyarakat pada umumnya. Sang adik berani bersolek dan berpakaian sesuai dengan apa yang ia suka, sedangkan Bhumi enggak pernah bersolek dan memakai pakaian seperti perempuan di masyarakat pada umumnya.

Enggak sampai di situ, Bhumi juga enggak bisa membela dirinya ketika ia mengalami pelecehan seksual oleh suaminya yang memaksa melakukan hubungan seksual tanpa persetujuan dirinya. Bhumi mengalami victim blaming ketika hubungan seksual tersebut berakhir di luar ekspektasi sang suami.

netflix series
Kisah polisi wanita yang selalu tertindas (IMDb)

Bahkan ketika telah berpisah dan sang suami mengambil apartemen milik Bhumi, Bhumi enggak bisa melawan karena telah menerima dogma bahwa ia penyebab pernikahannya hancur. Bahkan ia enggak bisa membela ketika mantan suaminya secara terang-terangan menggoda adiknya.

Penggambaran Bhumi sebagai seorang polisi tetapi tidak memiliki kuasa dan suara seolah menggambarkan bagaimana kehidupan perempuan yang selalu tertindas dan didiskriminasi.

Begitupun saat ia bergabung dengan tim investigasi narkoba, ia dipandang sebelah mata. Bahkan ia dipaksa untuk mengeluarkan insting membunuh agar bisa bergabung dalam tim tersebut.

series she indian
Bhumi selalu berada dalam tekanan kaum adam (IMDb)

Ia diberi tugas untuk menyamar menjadi pekerja seks komersial demi menangkap jaringan narkoba di Mumbai. Pada penyamaran pertamanya ia berhasil menangkap salah seorang kepercayaan bos kartel narkoba terbesar di India.

Lalu penyamaran kedua dilakukan untuk mendekati seseorang bernama Nayak yang diduga pemimpin dari kartel narkoba tersebut. Namun saat menjalankan misi tersebut, Bhumi menemukan apa yang ia suka dan bersikap menjadi lebih berani.

Bhumi menjadi agen ganda untuk bertahan di samping Nayak. Sosok Bhumi yang penakut kian lama kian hilang, ia menjadi lebih pemberani. Namun ia tetap terbelenggu dan tidak merdeka. Sebab, ia harus menuruti semua perintah Nayak jika ingin berada di samping Nayak, termasuk memanipulasi informasi kepada polisi.

Bahkan ia menjadi orang kepercayaan Nayak untuk mendistribusikan narkoba melalui perempuan-perempuan tua mantan pekerja seks komersial. Peredaran narkoba semakin tidak terkendali, loyalitas Bhumi pun dipertanyakan.

Bhumi mengalami dilema saat menjalankan perannya sebagai agen ganda.

Di satu sisi ia merasa bahagia bersama Nayak namun karena distribusi narkoba yang ia lakukan sang adik harus dirawat di rumah sakit karena overdosis narkoba. Lalu perintah Nayak untuk membunuh pria yang disukai Bhumi dan membunuh adik Bhumi membuatnya harus berpikir keras.

Dalam film ‘SHE’ sosok perempuan polisi yang seharusnya berdaya digambarkan selalu berada dalam kendali orang lain terutama laki-laki. Bagaimana ia lepas dari pengendali satu lalu terjerat kembali oleh pengendali lainnya.

Dalam dua season tersebut Bhumi digambarkan benar-benar tidak pernah melakukan apa yang ia inginkan sendiri. Bhumi selalu diliputi rasa ketakutan. Bahkan saat ia merasa merdeka saat bersama Nayak sesungguhnya hanya perasaan ilusi karena dirinya tetap dikendalikan penuh oleh Nayak.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Mifta Sonia
Mifta Sonia

Mifta Sonia

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US