The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pernah Mengalami Sulitnya Mengurus KTP? Mungkin Film Pendek KTP Bisa Mewakilinya!
Film pendek KTP (YouTube/BPMTP)
Movie

Pernah Mengalami Sulitnya Mengurus KTP? Mungkin Film Pendek KTP Bisa Mewakilinya!

Kamis, 28 Oktober 2021 13:18 WIB 28 Oktober 2021, 13:18 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu hal yang terkadang membuat kesal adalah saat mengurus KTP. Hal ini karena ribetnya mengurus hal tersebut. Nah, film pendek KTP bisa mewakili rasa sulit itu!

Film pendek karya Bobby Prasetyo dan diproduksi oleh ASA Film ini berlatarkan sebuah perkampungan di Yogyakarta yang mana film ini dikemas dengan menggunakan Bahasa Jawa.

Film ini mengisahkan seorang kakek bernama Mbah Karsono yang tinggal di sebuah desa. Saat itu Mbah Karsono didatangi oleh seorang petugas dari kecamatan bernama Darno.

Darno ditugaskan untuk membuatkan KTP Mbah Karsono. Ia menjelaskan bahwa dengan memiliki KTP nantinya akan mendapat jaminan kesehatan.

Namun hal ini menuai kesulitan saat Mbah Karsono ditanyai soal agamanya. Ia mengatakan bahwa dirinya menganut kejawen, sementara itu tak ada agama kejawen di KTP. Darno pun menjelaskan bahwa hanya ada 6 agama saja di KTP dan tak bisa diganti agama lain.

Mbah Karsono ternyata tetap teguh dengan agama yang ia anut. Akhirnya para warga berkumpul dan memberikan solusi. Akhirnya Mbah Karsono dipilihkan warga untuk mendapatkan KTP saja namun tidak usah mendapatkan kartu sehat.

Hal ini sebagai bentuk menghormati kepercayaan yang dianut oleh Mbah Karsono. Sebagai gantinya, para warga siap membantu Mbah Karsono bila nantinya Mbah Karsono sakit.

Dari jalan cerita di atas, tampak penuh makna di mana pemerintah hanya menyediakan enam agama saja. Padahal sesuai putusan MK, negara wajib mengakui dan menulis penghayat kepercayaan dalam kolom agama di KTP namun kenyataannya masih belum berjalan semestinya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US