The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

12 Film Survival Terbaik Tentang Permainan Bertahan Hidup
Ilustrasi film survival terbaik (photo/IMDb)
Movie

12 Film Survival Terbaik Tentang Permainan Bertahan Hidup

Selasa, 19 Oktober 2021 17:14 WIB 19 Oktober 2021, 17:14 WIB

INDOZONE.ID - Survival atau bertahan hidup merupakan salah satu genre yang disukai banyak penggemar film karena memberikan pengalaman yang tak terlupakan saat menontonnya.

Enggak heran jika film survival kerap membuat para penonton ikut merasakan ketegangan dan ketakutan yang diperankan oleh aktor dan aktris.

Ada sejumlah film survival terbaik yang mengusung permainan bertahan hidup dan melibatkan teka-teki, jebakan, bencana alam, hingga serangan binatang buas.

Film Survival Terbaik

Nah, buat kamu yang mencari rekomendasi film survival terbaik tentang permainan bertahan hidup, tak perlu khawatir.

Indozone sudah merangkum deretan film survival terbaik yang seru dan menegangkan karena mempertaruhkan nyawa.

1. Squid Game (2021)


Squid Game menceritakan sebuah permainan mempertaruhkan nyawa yang diikuti oleh 456 orang untuk memenangkan 45,6 miliar won.

Film survival terbaru ini diangkat berdasarkan permainan anak-anak, namun dengan risiko antara hidup mendapatkan hadiah atau mati mengenaskan.

Para pemain akan menghadapi situasi ekstrem yang mengharuskan mereka membuat pilihan untuk bertahan hidup.

Ki-hun (Lee Jung-jae) seorang pengangguran akan berhadapan dengan Sang-woo (Park Hae-soo), pria yang menggelapkan dana perusahaannya.

2. Alice in Borderland (2020)


Alice in Borderland merupakan serial delapan episode yang diadaptasi dari manga (komik Jepang) bergenre thriller karya Haro Aso.

Mengisahkan tentang tiga orang sahabat bernama Arisu Ryohei (Kento Yamazaki) Daikichi Karube (Keita Michida) dan Chota Segawa (Yuki Morinaga).

Mereka tiba-tiba terdampar di dunia pararel Borderland yang mengharuskan mereka bertanding dalam sebuah permainan mengerikan.

Jika tidak mengikuti permainan, mereka akan terbunuh sia-sia, namun bila tidak menyelesaikan permainan, mereka juga akan mati di tempat.

Arisu kemudian bertemu dengan Usagi. Bersama-sama, mereka mencoba mengungkap satu per satu misteri yang mengancam nyawa mereka demi bertahan hidup.

3. The Hunt (2020)


The Hunt menceritakan tentang dua belas orang asing yang tiba-tiba terbangun di sebuah tempat yang tidak mereka kenali sebelumnya. 

Mereka semua tidak mengetahui mengapa mereka berada di sana dan tidak saling mengenali. Ternyata keberadaan mereka di tempat itu adalah untuk tujuan perburuan. 

Mereka merupakan orang-orang pilihan dimana sekelompok elit global yang menjadi dalangnya. Elit liberal tersebut dipimpin oleh seorang wanita bernama Athena.

Namun rencana induk elit tersebut akan meleset karena salah satu buruan yang bernama Crystal mengetahui permainan tersebut lebih baik dari mereka. 

4. Ready or Not (2019)


Ready or Not merupakan film tentang survival yang menyajikan unsur permainan petak umpet yang mempertaruhkan nyawa.

Film ini mengisahkan tentang keluarga Le Domas yang kaya raya karena melakukan pemujaan dengan setan.

Inilah yang membuat mereka memiliki ritual turun-temurun memainkan permainan untuk menyambut anggota baru keluarga mereka yang baru menikah.

Grace (Samara Weaving) yang telah menjadi istri sah Alex Le Domas (Mark O'Brien), tak menyangka terlibat dalam permainan yang memburunya.

5. Escape Room (2019)


Film bertahan hidup Escape Room berkisah tentang enam orang dengan latar belakang berbeda yang dipertemukan dalam sebuah ruangan misterius. 

Mendadak mereka semua terkunci di dalam ruangan dan harus bekerja sama untuk memecahkan teka-teki agar dapat keluar dari sana. 

Setelah berhasil selamat dari ruangan tersebut, mereka malah masuk ke dalam ruangan lain yang juga berisi jebakan.

Mereka pun harus bersusah payah menyelamatkan diri supaya tidak terbunuh dan mendapatkan hadiah sebesar 10.000 dolar AS.

6. 3% (2016)


Serial original Netflix berjudul 3% merupakan pertunjukan dystopian yang mengambil latar masa depan ketika warga kelas bawah dan kelas atas tinggal terpisah.

Warga kelas bawah yang ingin mengubah nasib memiliki kesempatan untuk mengikuti permainan berbahaya yang mengancam nyawa.

Para pemain harus mengandalkan kekuatan, kecerdasan, dan moral agar dapat bertahan hidup dan bergabung dengan masyarakat elite bernama Offshore.

Sayangnya, dari sekian banyak pemain yang ikut, hanya 3% yang berhasil selamat dari permainan tersebut.

7. Circle (2015)


Circle menceritakan tentang 50 orang yang tidak saling kenal, terbangun dalam ruangan yang gelap dan dibariskan membentuk lingkaran.

Mereka yang hendak kabur untuk melarikan diri, justru langsung terbunuh di tempat dan jasadnya disingkirkan dengan cepat.

Mereka akhirnya menyadari bahwa permainan tersebut ditentukan oleh gerakan tangan untuk melakukan voting memilih calon korban selanjutnya.

Masing-masing dari mereka dipaksa memilih satu orang yang layak untuk hidup sebelum dieksekusi mati.

8. Divergent (2014)


Divergent adalah film bertema game survival yang diadaptasi dari seri novel trilogi berjudul sama, karya Veronica Roth.

Saat itu di kota Chicago era distopia, masyarakat terbagi menjadi lima faksi atau kelompok yaitu Candor (jujur), Erudite (jenius), Amity (pecinta kedamaian), Dauntless (pemberani), dan Abnegation (penolong tanpa pamrih).

Berdasarkan hasil tes penentu faksi, Tris (Shailene Woodley) ternyata memiliki kemampuan lima faksi yang disebut Divergent.

Ia pun berusaha merahasiakan identitasnya sebab kelompok Divergent sangat diburu karena dianggap ancaman bagi masyarakat.

Dengan bantuan Four (Theo James) yang juga seorang Divergent, mereka berusaha menyelamatkan diri dari kejaran berbagai pihak.

9. The Maze Runner (2014)


The Maze Runner juga termasuk film tentang bertahan hidup yang mengangkat tema distopia dan diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya James Dashner.

Kisahnya bermula ketika Thomas (Dylan O'Brien) kehilangan ingatan dan terbangun dalam sebuah tempat yang disebut Glade.

Ia pun berjumpa dengan para Glader, sekelompok remaja yang juga terperangkap di dalam Glade.

Untuk keluar dari sana, mereka harus berjuang mati-matian melewati labirin raksasa yang dijaga oleh monster bernama Griever.

10. As The Gods Will (2014)


As The Gods Will menjadi salah satu film survival terbaik yang mengusung tema permainan bertahan hidup.

Film Jepang dengan judul asli Kamisama no iu tori ini, menceritakan tentang sekelompok siswa SMA yang secara mendadak dihadapkan pada permainan aneh.

Kelas mereka kedatangan boneka kayu tradisional bernama daruma, yang membunuh para siswa jika mereka bergerak.

Hingga akhirnya yang tersisa hanya Shun Takahata (Sota Fukusi), namun ternyata ia malah terperangkap dalam permainan kedua bersama siswa kelas lainnya.

11. The Hunger Games (2012)


The Hunger Games menjadi rekomendasi film survival tentang permainan bertahan hidup yang bisa kamu tonton selanjutnya.

Film ini bercerita tentang kompetisi maut bernama The Hunger Games yang digelar setiap tahun oleh ibu kota negara Panem, yakni Capitol.

Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) mengajukan diri menjadi relawan untuk menggantikan adiknya, Primrose (Willow Snields) yang terpilih mengikuti permainan tersebut.

Bersama Peeta Mellark (Josh Hutcherson), Katniss mempertaruhkan nyawanya demi menegakkan keadilan bagi seluruh masyarakat Panem.

12. Battle Royale (2000)


Film asal Jepang Battle Royale diadaptasi dari novel berjudul sama karya Koushun Takami tahun 1999.

Film survival dengan tema dystopian ini bercerita tentang pemerintahan negara Jepang yang mengeluarkan undang-undang bernama Millenium Education Reform atau Battle Royale.

Setiap tahunnya, siswa-siswa akan dipilih secara acak, kemudian mereka ditempatkan dalam sebuah pulau terpencil.

Dengan berbekal peralatan seadanya, mereka terpaksa saling membunuh agar bisa bertahan hidup.


Nah, itulah deretan film survival terbaik tentang permainan bertahan hidup yang mengancam nyawa. Mana nih film survival yang pengin kamu tonton?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US