The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wisnu 'Pengabdi Setan 2' Mencurigakan Banget, Jangan-Jangan...
Wisnu (Instagram/@m.u.z.a.k.k.i)
Movie

Wisnu 'Pengabdi Setan 2' Mencurigakan Banget, Jangan-Jangan...

Teori Wisnu 'Pengabdi Setan 2'

Rabu, 24 Agustus 2022 17:52 WIB 24 Agustus 2022, 17:52 WIB

INDOZONE.ID - Film horror karya terbaru Joko Anwar, 'Pengabdi Setan 2', telah sukses dalam perilisannya. Sama seperti karya Joko Anwar yang lainnya, film ini juga meninggalkan banyak pertanyaan yang muncul ditengah masyarakat. Sampai-sampai, tidak sedikit teori konspirasi yang bermunculan usai menonton film tersebut.

Di film 'Pengabdi Setan 2', muncul sosok karakter anak kecil laki-laki bernama Wisnu. Jika hanya sekedar menonton, Wisnu terlihat seperti anak kecil yang baik hati. Dalam film tersebut, Wisnu hanya tinggal bersama sang ibu. Tiap harinya, Wisnu terlihat mengurus rumah dan juga sang ibu yang diketahui merupakan seorang tuna wicara.

Namun, jika diperhatikan secara lebih, justru karakter Wisnu ini menyimpan banyak kejanggalan dan membuat para penonton bertanya-tanya terhadap karakter Wisnu hingga banyak teori bermunculan.

1. Suara ayah Wisnu di tempat sampah

Dalam film tersebut, ada kejadian menyeramkan yang terjadi saat Wisnu hendak membuang sampah. Ketika ia tengah membuang sampah, tiba-tiba muncul suara misterius yang mengganggu Wisnu.

"Buka pintunya, Wisnu.." ujar suara tersebut.

Suara tersebut ternyata merupakan suara dari sang ayah yang telah meninggal. Pastinya, adegan ini disimpulkan oleh penonton bahwa arwah sang ayah memang belum tenang hingga meneror Wisnu. Ditambah lagi, Wisnu menyatakan ayahnya meninggal karena terkunci di dalam rumah saat ada kebakaran yang terjadi di rumah lamanya hingga akhirnya merenggut nyawa sang ayah.

Terdengar klise, tetapi jika dilihat dari seluruh kejanggalan yang terlihat, apa yang diceritakan Wisnu mengenai ayahnya bukanlah hal sebenarnya. Sebuah teori pun muncul mengenai hal ini. Para penonton meyakini bahwa ayahnya bukan tidak sengaja terkunci, namun memang Wisnulah yang mengunci ayahnya di dalam rumah hingga mampu menewaskan sang ayah.

2. Buku bahasa isyarat rahasia

Terdapat satu adegan dimana Wisnu menceritakan masa kelamnya, Wisnu menunjukkan sebuah buku yang disebut sebagai buku bahasa isyarat rahasia yang dimana buku itu merupakan sumber Wisnu belajar bahasa isyarat agar bisa berkomunikasi dengan ibunya.

Terdengar hanya sekedar buku biasa, namun Wisnu menyatakan bahwa dirinya menemukan buku tersebut dalam koper milik ayahnya. Jika diamati, buku ini nampaknya buku yang sangat misterius dan terlihat menyeramkan. Karena hal tersebut, penonton berteori bahwa buku tersebut bukanlah buku biasa, melainkan buku milik sekte yang diikuti oleh ayahnya.

3. Wisnu selalu ingin tinggal dengan pamannya

Saat kejadian naas menimpa rumah susun (rusun) hingga merenggut nyawa belasan warga termasuk ibu Wisnu, Wisnu menyatakan kepada Rini (Tara Basro) bahwa dirinya sangat ingin tinggal dengan pamannya.

Ketika Rini menanyakan kapan pamannya datang, Wisnu berkata bahwa pamannya akan datang esok harinya.

Dalam adegan penutup, ketika upacara sekte telah terjadi, esok harinya sosok Batara dan Darminah datang ke rusun tersebut. Sontak hal tersebut membuat penonton berteori bahwa paman yang dimaksud Wisnu adalah Batara.

4. Wisnu mengetahui kode koper Bapak

Selama ini, bapak (ayah Rini, Toni, dan Bondi) selalu merahasiakan koper miliknya yang ia bawa kemanapun dan terlihat sebagai koper yang ia pakai untuk bekerja. Koper tersebut selalu dimasukkan ke dalam sebuah laci dan dikunci memakai sebuah gembok.

Singkat cerita, Rini berhasil mengambil koper bapak. Bersama-sama dengan sang adik dan juga Wisnu, mereka mencoba untuk membuka koper yang memiliki kode tersebut.

Anehnya, dengan sekali tebakan, Wisnu berhasil menebak kode koper bapak. Terlihat seperti hanya sekedar sebuah keburuntungan, namun dengan melihat seluruh kejanggalan sebelumnya, sepertinya hal tersebut bukanlah sebuah keberuntungan belaka, bukan?

5. Wisnu bertemu Ian untuk pertama kalinya

Kejadian mengejutkan terjadi saat Rini bersama dengan Wisnu dan Toni tengah mencari Bondi. Akhirnya mereka bertemu secara tak sengaja saat Bondi sedang keluar dari sebuah kamar dengan histeris ketakutan.

Sebagai kakak, Rini bertanya dan menyelidiki ada apa dengan adiknya. Tak disangka, adik bungsunya yang telah diambil oleh setan, tiba-tiba muncul dalam keadaan sedang duduk disebuah kursi. Kemunculan adiknya tersebut juga membuat takut dan bingung Rini dan Toni.

Umumnya, jika seseorang belum pernah bertemu akan bertanya "Kamu siapa?". Tetapi berbeda dengan Wisnu. Ketika dirinya melihat Ian, Wisnu malah bertanya "Kamu ngapain disini?", seakan-akan Wisnu telah mengenal Ian sebelumnya.

Kejanggalan terhadap Wisnu semakin kuat saat dirinya berkata memberi tahu kepada Rini bahwa Ian ada di dalam buku rahasia tersebut. Pastinya hal tersebut kembali memunculkan pertanyaan lain mengenai Wisnu. Mengenai hal tersebut, para penonton berteori bahwa Wisnu mempelajari secara dalam sekte penyembahan setan tersebut atau lebih buruknya, Wisnu merupakan bagian dari sekte tersebut.

6. Wisnu menyelamatkan semua orang

Dalam adegan puncak saat waktu pengorbanan sekte dilakukan, Wisnu muncul untuk menyelamatkan semua orang. Memang kelihatannya hanya biasa saja, malahan justru bisa dikatakan Wisnu menjadi super hero dalam adegan ini.

Namun, bagaimana mungkin Wisnu bisa menyelamatkan semua orang kalau dia hanyalah sosok anak kecil biasa?

Kejadian ini semakin memunculkan teori bahwa penyelamatan tersebut memanglah sebuah rencana dari Batara dan Darminah yang disebut-sebut sebagai pamannya.

7. Foto Konferensi Asia-Afrika (KAA) 1955

Sebelum film berakhir, tepatnya saat kedatangan Batara dan Darminah ke rusun tersebut, terdapat satu foto yang disorot cukup lama. Ternyata foto tersebut merupakan foto Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada tahun 1955.

Umumnya, penonton akan hanya menyadari keberadaan Batara dan Darminah dalam foto tersebut dengan perawakan yang sama hingga dianggap bahwa mereka adalah sosok imortal/abadi.

Namun, jika diperhatikan lebih dalam, ternyata sosok Wisnu juga ada dalam foto tersebut. Lantas hal tersebut yang menjadi bukti kuat teori yang menganggap bahwa Wisnu adalah anggota sekte tersebut.

Dari seluruh teori di atas, teori mana yang kalian percaya?

Penulis : Keyla Melodia Klees

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
M Fadli
Indozone
M Fadli

M Fadli

Editor
Indozone

Indozone

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US