Bisa Bentuk Kepribadian, Ini 4 Manfaat Keluar dari Zona Nyaman
Manfaat keluar dari zona nyaman. (Pexels/Helena Lopes)
Life

Bisa Bentuk Kepribadian, Ini 4 Manfaat Keluar dari Zona Nyaman

Banyak manfaat.

Minggu, 23 Februari 2020 00:10 WIB 23 Februari 2020, 00:10 WIB

INDOZONE.ID - Zona nyaman adalah suatu keadaan di mana kamu terus-menerus berada pada situasi dan lingkungan yang sama dengan risiko yang kecil.

Dengan minimnya risiko, tidak heran jika seseorang lebih memilih untuk tetap berada pada zona nyaman mereka. Padahal mencoba keluar dari zona nyaman bisa membantumu untuk membentuk kepribadian baru yang mungkin lebih baik dan lebih berkualitas.

Nah, jika kamu masih ragu untuk memilih antara tetap tinggal atau harus keluar dari zona nyaman, yuk coba kenali empat manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu berani keluar dari zona nyaman seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Mampu Beradaptasi dan Bertahan Hidup dengan Baik

Bisa Bentuk Kepribadian, Ini 4 Manfaat Keluar dari Zona Nyaman
Ilustrasi pertemanan. (Pexels/Bruce Mars)

Hidup dengan rutinitas yang sama setiap harinya akan membuatmu terjebak dan secara tidak sadar menutup potensi yang ada di dalam diri. Dunia terus berputar, jangan sampai karena terlalu betah tinggal di zona nyaman, kamu jadi tidak memiliki kemampuan untuk beradaptasi.

Keluar dari zona nyaman akan membuatmu sering menemukan berbagai macam hal yang baru. Sehingga kamu jadi lebih terbiasa untuk bisa terus-menerus beradaptasi dengan hal-hal baru dan tahu bagaimana cara bertahan hidup dengan baik.

2. Menjadi Pantang Menyerah Meskipun Pernah Gagal

Bisa Bentuk Kepribadian, Ini 4 Manfaat Keluar dari Zona Nyaman
Ilustrasi pantang menyerah. (Pexels/Jopwell)

Saat mencoba keluar dari zona nyaman, kamu tidak akan langsung berhasil. Mungkin saja kamu harus mengalami kegagalan satu kali atau bahkan lebih. Akan tetapi, kesuksesanmu di masa depan ditentukan oleh kamu sendiri. 

Tergantung apakah kamu melihat kegagalan sebagai batu besar yang menghalangi langkahmu untuk terus maju atau justru kamu memandang kegagalan sebagai kerikil kecil yang hanya membuatmu tersandung dan kamu terus berusaha bangkit kembali untuk mengejar impianmu. 

3. Dapat Berpikir secara Terbuka

Bisa Bentuk Kepribadian, Ini 4 Manfaat Keluar dari Zona Nyaman
 Ilustrasi berdiskusi. (Pexels/Tirachard Kumtanom)

Bertemu dengan orang dan lingkungan baru di luar zona nyaman yang tidak sesuai dengan ekspektasi akan melatih pikiranmu menjadi lebih terbuka. Bahkan kamu bisa lebih menghargai dirimu dan orang lain. 

Kamu akan mulai memahami jika manusia mempunyai sifat dan kepribadian yang berbeda-beda. Ketika orang lain menghadapi masalah, kamu tidak akan men-judge-nya begitu saja, melainkan ikut merasakan apa yang kamu lihat. 

Meskipun, kamu menjadi pemilik empati yang tinggi, tak lantas membuatmu menjadi tidak kritis. Kritis yang sesungguhnya adalah melihat sesuatu dari sudut pandang positif, sehingga kamu punya kepekaan lebih tinggi terhadap lingkunganmu yang baru.


4. Ilmu dan Wawasan Semakin Bertambah

Bisa Bentuk Kepribadian, Ini 4 Manfaat Keluar dari Zona Nyaman
Ilustrasi mencoba hal baru. (Pexels/veerasak Piyawatanakul)

Jika kamu berani keluar dari zona nyaman, tentu saja kamu akan melihat, mendengar dan merasakan banyak hal-hal baru yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Pengalaman adalah harta yang sangat tidak ternilai harganya. Berani keluar dari zona nyaman akan membuatmu belajar dari pengalaman yang akan kamu lalui. 

Semakin banyak belajar, ilmu yang kamu punya akan terasa semakin sedikit karena masih banyak yang belum kamu ketahui di dunia ini. Sehingga, kamu akan terus bergerak meninggalkan zona nyaman dan tidak akan tinggal dalam lingkaran yang sama.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU