3 Tips Pertahankan Keuangan Usaha Fesyen setelah Lonjakan Omset Ramadhan

- Kamis, 19 Mei 2022 | 08:18 WIB
Ilustrasi wanita. (Pexels/Vlada Karpovich)
Ilustrasi wanita. (Pexels/Vlada Karpovich)

Selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1443 H, banyak pelaku usaha fesyen yang sukses mendorong pertumbuhan bisnisnya. Supaya tak numpang lewat begitu saja, para pengusaha harus mengantisipasi penurunan omset.

Setelah Ramadhan dan Idul Fitri, pengusaha akan menghadapi tantangan baru dan persaingan pun semakin tak terelakkan. Sebab, kebutuhan usai Idul Fitri akan kembali seperti semula.

Terkait hal tersebut, Head of Commerce Zilinggo Kang Ay Lie melalui siaran pers yang dikutip dari Antara, memberikan beberapa tips untuk mempertahankan keuangan usaha fesyen setelah lonjakan omset Ramadhan. Berikut ulasannya!

1. Kelola keuangan secara bijak

Omzet penjualan yang naik signifikan sebaiknya dilihat sebagai akselerasi dalam perkembangan usaha yang kamu miliki. Lonjakan permintaan seperti saat jelang hari raya tidak datang sepanjang tahun.

Jika sudah sukses memanfaatkan momen Ramadhan dan Idul Fitri untuk meraup keuntungan besar, maka mulailah mengelola hasil penjualan dengan bijak. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir bila omset menurun usai Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca juga: Kenakan Dress Hijau Seharga Rp14 Juta di Acara Fesyen, Kate Middleton Tampak Begitu Anggun

2. Lunasi pinjaman modal

Mengajukan pinjaman modal untuk mendukung operasional bisnis sebenarnya sah-sah saja asalkan dana yang dipinjam menjadi utang produktif.

Namun, bila berhasil meraup keuntungan besar, segeralah lunasi pinjaman tersebut. Kamu bahkan harus memprioritaskan pengembalian pinjaman modal. Utamakan untuk melunasi pinjaman yang menerapkan bunga, biaya tambahan, dan tanggal jatuh tempo terdekat sehingga tidak membebani bisnis di masa mendatang.

3. Siapkan dana pengembangan usaha

Pengusaha juga perlu menyiapkan dana pengembangan usaha setelah omset berhasil naik selama berjualan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Hal ini menjdi salah satu cara agar usaha yang telah berjalan tetap bertumbuh.

Pengembangan usaha bisa dilakukan dengan menyusun strategi baru, atau kamu bisa juga memanfaatkan tekonologi.

Beberapa strategi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengadakan diskon spesial, giveaway atau diskon bagi pelanggan setia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ada dari Sumatra, Ini 3 Smart City di Indonesia

Minggu, 28 April 2024 | 11:35 WIB

Kemnaker Luncurkan Program K3 Nasional 2024-2029

Kamis, 25 April 2024 | 21:56 WIB
X