The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Manusia Merasa Paling Tidak Bahagia saat Berusia 47 Tahun
Ilustrasi orang menua (Unsplash/Huy Phan)
Life

Manusia Merasa Paling Tidak Bahagia saat Berusia 47 Tahun

Kamis, 16 Januari 2020 17:32 WIB 16 Januari 2020, 17:32 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah penelitian dari Biro Riset Ekonomi Nasional Amerika Serikat mengungkapkan usia di mana manusia merasa tak bahagia. Studi tersebut mengungkapkan bahwa manusia akan merasa paling tidak bahagia di usia sekitar 47 tahun di negara-negara maju.

Sementara itu, di negara berkembang seperti Indonesia, usia manusia merasa paling tidak bahagia yaitu sekitar 48 tahun.

Penelitian ini melibatkan 132 negara untuk mengukur hubungan antara kesehatan mental dan usia. Penelitian ini juga mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mental, terutama setelah krisis keuangan dan di tengah kebangkitan globalisasi.

"Ketahanan komunitas yang ditinggalkan oleh globalisasi telah berkurang oleh Resesi Hebat yang membuatnya sangat sulit bagi mereka yang rentan mengalami krisis paruh baya dengan sedikit sumber daya, untuk menahan goncangan," ujar seorang peneliti, Professor David Blanchflower dari Darthmouth College.

Ketidakbahagiaan yang dimaksud di sini adalah perasaan putus asa, kegelisahan, kesendirian, kesedihan, ketegangan, depresi, dan saraf buruk, fobia dan panik.

Kemudian perasaan sedih, tidur gelisah, kehilangan kepercayaan pada diri sendiri, tidak mampu mengatasi kesulitan, berada di bawah tekanan, merasakan kegagalan, perasaan ditinggalkan, merasa tegang, serta menganggap diri tidak berharga.

Masyarakat secara keseluruhan juga mempunyai efek pada kesejahteraan, terutama dipengaruhi oleh pendidikan, status perkawinan, dan pengangguran. Belum jelas apa alasan manusia tidak bahagia di usia tersebut.

Akan tetapi, biasanya tekanan dan kecemasan di dalam keluarga dan di tempat kerja biasanya meningkat saat kita dewasa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US