Jack Ma Menyatakan Rahasia Kesuksesan Alibaba Adalah Wanita
Jack Ma, telah pensiun dari Alibaba (REUTERS/Charles Platiau)
Life

Jack Ma Menyatakan Rahasia Kesuksesan Alibaba Adalah Wanita

60 persen basis pelanggan

Senin, 21 Oktober 2019 17:45 WIB 21 Oktober 2019, 17:45 WIB

INDOZONE.ID - Banyak analis memprediksi dan memiliki teori tentang bagaimana raksasa Tiongkok Alibaba menjadi sukse, tetapi Founder Alibaba, Jack Ma menemukan jawabannya dengan jelas dan sederhana, yaitu wanita. 

"Tiga puluh empat persen dari kepemimpinan senior Alibaba adalah wanita. Itulah rahasia kesuksesan Alibaba," kata Jack Ma pada sesi dialog selama Konferensi CEO Forbes di Singapura, Selasa (15/10).

Ia menyebut selama 20 tahun terakhir merupakan periode yang mengerikan bagi perusahaan. Jack Ma mengatakan bahwa Alibaba telah melewati masa sulit berkat karyawan wanita yang 'memperjuangkan hal-hal yang mereka yakini.' 

"Sangat sulit meyakinkan wanita, tetapi ketika Anda berhasil meyakinkan wanita tentang visi dan misi, maka mereka akan setia." katanya. 

Sementara itu jika karyawan laki-laki, 

"Laki-laki? Mudah datang dan pergi," guraunya yang diiringi tawa dan tepuk tangan dari hadirin. 

Jack Ma juga menambahkan bahwa wanita, pada satu titik, menyumbang sekitar 47 persen tenaga kerja untuk perusahaan teknologi itu. 

Namun, angka ini telah turun setelah akuisisi beberapa perusahaan yang didominasi pria, dan Jack Ma berharap akan naik kembali. 

Jack Ma juga mengungkapkan rasa syukurnya atas beberapa wanita yang mengelilinginya, 

"Mereka selalu mengatakan bahwa di balik setiap pria yang sukses, ada wanita yang sukses dan kuat. Saya memiliki banyak wanita kuat yang berdiri di belakang saya, dan saya selalu bersyukur." ucapnya. 

Jack Ma mengungkapkan bagaimana konsumen perempuan di Alibaba yang menjadi 60 persen basis pelanggannya, sering kali membeli barang untuk suami, orang tua, dan anak-anak. 

"Pria hanya membeli untuk diri mereka sendiri," tambahnya, yang mengundang lebih banyak tawa dan tepuk tangan. 

Jack Ma juga mengungkapkan bahwa ia percaya di abad ke-21, jika kita memiliki lebih banyak pemimpin wanita, maka dunia akan jauh lebih damai. 

Kini, pengganti Jack Ma yaitu Daniel Zhang. Jack Ma menyatakan bahwa suatu hari nanti ia akan pergi dan mulai memikirkan siapa orang yang tepat untuk menjadi penggantinya. 

"Suatu hari, aku akan pergi. Dan sejak hari itu, aku mulai berpikir, siapa orang yang tepat, yang dapat melakukan lebih baik daripada saya?" katanya. 

Jack Ma dan Alibaba membiarkan staf melangkah dan memperjuangkan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Perusahaan menginginkan 'banyak pemimpin.'

Jack Ma juga memperingatkan perusahaan untuk tidak bergantung pada satu pemimpin, untuk bertahan hidup. Mereka menerapkan sistem, budaya, dan pelajaran yang dia pelajari, dengan mempelajari 'perusahaan besar' seperti di Jepang dan AS. 

"Jack Ma akan menjadi tua, Jack Ma akan menjadi bodoh, Jack Ma akan jatuh sakit, mengalami kecelakaan mobil, atau apa pun," tambahnya. 

Itu artinya, bahwa perusahaan tidak boleh bergantung pada Jack Ma dan kini ia sudah pensiun. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Indozone
Indozone Media
Bela

Bela

Writer
Indozone Media

Indozone Life

Reporter
JOIN US