The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita Paling Lengkap
Ucapan Turut Berduka Cita (Photo/Freepik/noxos)
Life

Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita Paling Lengkap

Kamis, 14 Januari 2021 14:08 WIB 14 Januari 2021, 14:08 WIB

INDOZONE.ID - Kematian merupakan hal yang menyedihkan bagi setiap orang. Menyampaikan ucapan turut berduka cita merupakan cara terbaik untuk menunjukkan empati dan kepedulian bagi orang yang ditinggalkan.

Meskipun kata-kata turut berduka cita tidak dapat mengembalikan mereka yang telah pergi dan meringankan kesedihan mereka yang ditinggalkan, namun bisa menenangkan dan menguatkan.

Ucapan dukacita dapat diselipkan ayat atau doa agar orang yang telah tiada diampuni dosanya dan diterima ibadahnya serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

Ucapan Turut Berduka Cita

Kehilangan kata-kata untuk memberikan ucapan belasungkawa? Jangan khawatir, berikut Indozone rangkum ucapan turut berduka cita yang bisa kamu bagikan untuk mereka yang mengalami kemalangan.

Ucapan Turut Berduka Cita Singkat

ucapan turut berduka cita
Ucapan Turut Berduka Cita (Photo/Freepik/rawpixel)

Berbelasungkawa dengan memberikan ucapan turut berduka cita singkat bisa kamu jadikan pilihan utama tanpa menghilangkan makna yang mendalam.

"Saya turut berduka cita atas kepergiannya, semoga kamu dan keluarga diberikan ketabahan atas kejadian ini."

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya anggota keluargamu, mudah-mudahan kamu dan keluarga selalu diberikan kekuatan."

"Saya turut berduka cita, saya doakan semoga ia tenang di alam sana."

"Turut berduka cita atas kehilangan yang kamu alami, semoga kamu dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran."

"Turut berduka cita atas kepergian beliau. Semoga kamu dan keluarga selalu tabah dan sabar menghadapinya."

"Turut berduka cita atas musibah yang menimpa kamu dan keluarga. Semoga duka ini cepat berlalu."

"Saya turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya, saya hanya bisa memanjatkan doa terbaik untuknya di sana."

"Hanya doa yang bisa kita panjatkan sekarang, semoga semua kebaikannya diterima di sisi-Nya."

"Semoga ia tenang di alam sana, saya mendoakan kepergiannya. Turut berduka cita sedalam-dalamnya."

"Semua adalah rencana-Nya, kita harus menerima dengan hati yang lapang. Semoga ia diberikan tempat terbaik di sana."

Ucapan Turut Berduka Cita Islami

ucapan turut berduka cita
Ucapan Turut Berduka Cita (Photo/istock/dnaveh)

Kamu juga bisa memberikan ucapan turut berduka cita Islami bagi umat muslim yang sedang ditimpa kabar duka. Ucapan ini berisi doa-doa baik dan dukungan agar selalu sabar dan tabah.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya turut berduka cita atas meninggalnya keluargamu, semoga beliau khusnul khotimah. Aamin ya rabbal alamin."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas kehilangan yang kamu alami. Allah SWT tidak pernah memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut beduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum/almarhumah diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kami keluarga besar (nama keluarga) turut berduka cita atas meninggalnya (nama almarhum/almarhumah). Semoga almarhum/almarhumah ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya turut berduka cita atas meninggalnya beliau. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Aamin ya rabbal alamin."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Bersabarlah, segala yang ada di bumi sejatinya dibatasi oleh ajal. Jadikanlah ini pengingat bagi kita semua."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga dosa (nama almarhum/almarhumah) diampuni dan amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan."

"Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kepada-Nya kita kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Aamin ya rabbal alamin."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya diampuni, dan kebaikannya diteladani. Aamin ya rabbal alamin."

Ucapan Turut Berduka Cita Kristiani

ucapan turut berduka cita
Ucapan Turut Berduka Cita (Photo/Pexels/Pixabay)

Mengucapkan turut berduka cita kristiani kepada umat Kristen merupakan pilihan yang tepat. Ucapan ini berisi ayat penghibur dan kekuatan menghadapi kepergian orang terkasih.

"Turut berduka cita atas kembalinya (nama mendiang) ke Bapa di Surga. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan dan penghiburan pada keluarga yang ditinggalkan."

"Kami sekeluarga turut berduka cita atas kepergian (nama mendiang). Semoga ia tenang di sisi-Nya dan mendapatkan tempat terindah di surga Bapa."

"Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik. Turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa."

"Turut berduka cita atas kepergiannya. Tuhan itu Baik dan semoga ia ditempatkan di tempat terbaik."

"Turut berduka cita atas kepergiannya. Orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik. Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah Tuhan. Maka yakinlah pada Mazmur 116:15 (Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya)."

"Kita beriman akan darah Yesus seperti yang tercatat pada 1 Tesalonika 4:14, (Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia). Maka, kita bisa beriman, bahwa kita bisa bertemu dengan orang yang kita kasihi yang telah meninggal oleh karena Tuhan."

"Turut berduka cita atas musibah yang menimpamu dan keluarga. Berdoalah kepada Tuhan karena ia sanggup menghibur orang-orang tertekan yang berseru kepadanya. Karena di Matius 5:4, (Berbahagialah mereka yang berdukacita, karena mereka akan dihibur). Tuhan sanggup hibur dan beri jalan keluar yang terbaik."

"Tuhan memanggil keluargamu untuk kembali ke surga supaya ia tidak merasakan sakit lagi. Ia juga sudah damai di sana bersama Tuhan dan para malaikatnya. Turut berduka cita, ya. Semoga kamu diberikan kekuatan."

"Tuhan yang memberi, Tuhan pula yang mengambil. Ia sekarang sudah damai dan kembali ke rumah Bapa. Semoga kebaikan dan teladan iman Kristiani yang diwariskan pada anak-anak dapat tumbuh dengan baik."

"Kami sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya (nama mendiang). Semoga mendiang mendapatkan tempat terindah di surga Bapa."

Ucapan Turut Berduka Cita Bahasa Inggris

ucapan turut berduka cita
Ucapan Turut Berduka Cita (Photo/istock/dragana991)

Saat mendapatkan kabar duka, ucapan turut berduka cita dalam bahasa Inggris bisa menjadi pilihan terbaik karena lebih universal. Ucapan turut berduka cita ini juga dapat diberikan ketika berada di hadapan warga dari berbagai negara.

"I am really sorry to hear that. May she/he get a beautiful place up there."

"We are mourning to hear your lost. Be strong. It's part of God's plan."

"Please accept my condolences, she/he will always be missed."

"Our thoughts and prayers are with you. May God give her/him a decent place."

"A good person will grant the best place in Heaven. Our deepest condolences for you loss."

"He/she has been with the Giver of Goodness. May all the pain he/she had is now gone."

"He/she has left us but memory they left will stay forever in our heart."

"Please accept our most heartfelt sympathies for your loss. Our thoughts are with you and your family during this difficult time."

"There’s nothing, not even time that can ease the pain from the loss of your loved ones. But God with you, and we are all too."

"We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence."

Kata-kata Turut Berduka Cita

ucapan turut berduka cita
Ucapan Turut Berduka Cita (Photo/Freepik/wirestock)

Kata-kata turut berduka cita yang berisi motivasi dan bersifat menghibur juga perlu kita ucapkan kepada mereka yang ditinggalkan untuk meredakan kesedihan. 

"Kami turut berduka cita dan berbelasungkawa. Semoga kepergiannya semakin menyadari kita untuk terus berbuat amal kebaikan di dunia."

"Kehilangan seseorang untuk selamanya bukanlah suatu hal yang mudah. Tapi, tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Turut berduka cita."

"Tidak ada yang bisa mengerti beratnya perpisahan. Turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk kamu dan keluarga. Semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan untuk melalui masa-masa sulit ini."

"Turut berduka cita atas musibah yang menimpa kamu dan keluarga. Semoga musibah ini menjadi pelajaran yang berharga dan membuatmu lebih kuat."

"Segala sesuatu hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergiannya. Turut berduka cita."

"Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada-Nya. Semoga dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya."

"Percayalah semua cobaan yang diberikan-Nya memiliki hikmah kehidupan. Bersedihlah secukupnya, karena kesedihan tidak akan membuat mereka yang telah meninggalkan kita kembali lagi."

"Mereka yang kita cintai tidak pernah pergi, mereka berjalan di samping kita dalam hati dan kenangan. Turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya."

"Semua rasa sakit yang dialaminya selama ini sudah berakhir, Tuhan lebih menyayanginya daripada kita semua. Selamat jalan, semoga kamu tenang di sana."

"Kehilangan orang tersayang bukanlah perkara mudah. Jika kamu butuh teman berbicara atau sekadar bersandar, aku selalu di sini untukmu."

Itulah ucapan turut berduka cita yang bisa kita berikan dan ucapkan kepada mereka yang mengalami kemalangan. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US