The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Banyak Digunakan, Ternyata Kompor Gas Buruk Bagi Kesehatan dan Lingkungan
Ilustrasi kompor gas. (Pexels/Kindel Media)
Life

Banyak Digunakan, Ternyata Kompor Gas Buruk Bagi Kesehatan dan Lingkungan

Selasa, 01 Februari 2022 18:45 WIB 01 Februari 2022, 18:45 WIB

INDOZONE.ID - Hampir semua rumah tangga menggunakan kompor gas untuk memasak. Tapi tahukah kamu bahwa kompor gas berkontribusi lebih besar terhadap pemanasan global, karena terus menerus membocorkan sejumlah kecil metana bahkan saat kompor gas dimatikan.

Dilansir CBS News, sebuah studi menemukan bahwa kompor gas dapat memancarkan nitrogen oksida tingkat tinggi, meningkatkan kekhawatiran tentang kesehatan dan kualitas udara dalam ruangan.

Bahkan saat dimatikan, kompor gas menempatkan 2,6 juta ton metana, yang setara dengan karbon dioksida.

Baca juga: Viral Video Wanita Gabut Bakar Uang Pakai Kompor Gas, Netizen Syok Ternyata Cuma Ini

Metana itu berada di atas 6,8 juta ton karbon dioksida yang dipancarkan kompor gas ke udara saat digunakan dan gas itu dibakar.

"Kami masuk ke penelitian mengetahui akan ada emisi ketika api menyala, tapi kami tidak berharap untuk melihat kontribusi besar dari emisi off,"  kata Rob Jackson, seorang ilmuwan iklim Universitas Stanford dan rekan penulis dari studi.

Metana adalah gas rumah kaca yang puluhan kali lebih kuat daripada karbon dioksida, meskipun tidak bertahan lama di udara, tapi memiliki dampak besar pada perubahan iklim.

Jackson menambahkan bahwa kebocoran metana memang tidak berbahaya bagi kesehatan manusia, tapi gas yang keluar bisa menyebabkan ledakan, yang pada akhirnya juga akan membahayakan manusia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US