The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bangga! Musisi Lokal Sumbar Raih Penghargaan Internasional di Inggris, Begini Kisahnya
Rani Jambak (berhijab) raih penghargaan internasional. (Dok. Pribadi)
Life

Bangga! Musisi Lokal Sumbar Raih Penghargaan Internasional di Inggris, Begini Kisahnya

Selasa, 24 Januari 2023 16:11 WIB 24 Januari 2023, 16:11 WIB

INDOZONE.ID - Musisi, vokalis, sekaligus komposer asal Sumatera Barat, Rani Jambak, berhasill meraih penghargaan internasional 'The Oram Awards 2022' di Huddersfield, Inggris. 

The Oram Awards adalah penghargaan inovasi dalam musik, suara, dan teknologi yang bertujuan untuk mengangkat karya dan suara perempuan, serta pencipta musik minoritas gender dalam musik elektronik. 

Terdapat 2 pemenang. Pemenang pertama disabet oleh musisi asal Indonesia bernama Rani Jambak. Ia adalah seorang komposer, perancang instrumen, sekaligus vokalis keturunan Minangkabau yang lahir di Kota Medan, Indonesia.

"Ini adalah salah satu hadiah terbesar dalam hidup dan perjalanan musik saya," ujar perempuan yang tengah mengandung anak pertama ini saat ditemui Rosi, Z Creators di Kota Leighton Buzzard beberapa waktu lalu.

rani jambak
Rani Jambak musisi Sumbar raih penghargaan internasional. (Dok. Pribadi)

Sekilas tentang Rani Jambak, perempuan berhijab ini besar di Nagari Lasi, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Menamatkan S1 di Universitas Negeri Medan, jurusan pendidikan seni musik. Ia menamatkan S2 di  Macquarie University di Sydney, Australia, jurusan Master of Creative Industries Studies. 

Ia memulai karir solonya dengan menjelajahi dunia musik elektronik dan soundscape. Ia mengumpulkan aneka suara khas dan unik dari berbagai tempat di Indonesia. Salah satu projeknya adalah Kincia Aia Malenong (M)Aso yang membawanya melanglang ke luar negeri.

Baca juga: Temukan Teknologi Perancangan Kapal Selam, Pemuda Indonesia Raih Penghargaan di Inggris

rani jambak
Performance Rani jambak di ajang internasional. (Dok. Pribadi)

Rani merekam suara-suara alam, suara aktivitas sosial budaya masyarakat, dan juga suara dari instrumen maupun pertunjukan tradisional dari berbagai daerah. Kemudian, semua materi suara-suara tersebut disusun dan dirangkai menjadi sebuah komposisi musik digital. 

“Memenangkan penghargaan Oram adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan. Saya memainkan musik tanpa berencana untuk memenangkan apapun. Murni untuk menemukan kebebasan dan kedaulatan saya sebagai seorang wanita untuk belajar, mengeksplorasi, dan mengekspresikan melalui musik, yang kebanyakan orang berpikir bahwa itu tidak perlu dan tidak penting," tutur istri dari M Hario Efenur ini.

Dalam kegiatan berkeseniannya, Rani didukung sang suami yang kebetulan seorang pelaku seni pula. Keduanya kerap terlibat dalam banyak proyek, baik di dalam maupun luar negeri. Seperti halnya saat perform dan penerimaan award di Inggris.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Rosi Meilani
Rosi Meilani
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US