The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selain Kuasai Passion, Ini 3 Hal yang Tak Kalah Penting saat Hendak Berbisnis
Ilustrasi berbisnis makanan. (Pexels/Pietro Jeng)
Life

Selain Kuasai Passion, Ini 3 Hal yang Tak Kalah Penting saat Hendak Berbisnis

Simak ya.

Senin, 25 Mei 2020 10:39 WIB 25 Mei 2020, 10:39 WIB

INDOZONE.ID - Berbisnis adalah salah satu jalan yang dipilih oleh seseorang untuk keluar dari zona nyamannya. Jika ia dapat mengaplikasikan setiap ilmu yang sebelumnya pernah ia pelajari, baik di bangku sekolah, kuliah ataupun orang-orang terdahulunya, maka tak menutup kemungkinan bisnis yang dirintis akan sukses.

Tetapi, jika seseorang melakukannya dengan setengah-setengah dan terkesan tanpa persiapan yang matang, bisnis yang ia bangun dapat runtuh seketika.

Nah untuk menghindari kegagalan tersebut, ada beberapa hal yang juga penting untuk diperhatikan sebelum bertekad untuk memulai bisnis. Apa saja?

1. Buatlah Perencanaan Modal Bisnismu Secara Matang

Untuk memulai sesuatu hal yang besar, tentu saja harus diikuti dengan perencanaan yang matang. Salah satunya dalam memulai bisnis. Modal menjadi peran penting untuk menjalankan bisnis. Jika kamu belum memiliki modal yang cukup, kamu bisa mengajak orang lain untuk bergabung karena tidak sedikit orang yang punya modal besar, tapi belum punya ide untuk berbisnis.

Bekerja sama dengan orang lain akan mengurangi beban kerjamu meskipun nanti hasilnya juga akan terbagi. Setelah itu, kamu bisa mulai menentukan perkiraan nilai dari barang atau jasa yang akan kamu tetapkan dengan menyesuaikan target bisnismu.

Selain Kuasai Passion, Ini 3 Hal yang Tak Kalah Penting saat Hendak Berbisnis
Ilustrasi memulai bisnis. (Pexels/Andrea Piacquadio)

2. Mulai Promosikan Bisnismu dari Lingkungan Sekitar

Konsep bisnis yang baik harus diikuti dengan branding yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk mempromosikan bisnismu melalui media digital seperti media sosial dan jasa iklan. Sebelum itu, hal ini dapat kamu mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, teman dan komunitas yang sesuai dengan target pasarmu.

Jika kamu bisa memberikan penjelasan memuaskan terhadap barang atau jasa yang kamu tawarkan, diharapkan mereka akan mendapatkan kesan yang baik dan tidak berpikir dua kali untuk mempromosikan barang atau jasamu kepada lingkungan terkecil mereka juga.

Kemudian bisnismu akan lebih dikenal oleh orang banyak. Jangan pernah meremehkan kesan dari mulut ke mulut, ya.

3. Harus Memiliki Konsistensi dan Komitmen yang Tinggi

Sebuah bisnis akan berhasil jika kamu tetap konsisten dan berkomitmen tinggi. Meskipun hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasimu, kamu bisa menggunakannya untuk instrospeksi diri dari kesalahan yang mungkin saja tidak sengaja kamu lakukan.

Ini akan membuatmu terus mengalami peningkatan untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Kamu juga harus terbiasa belajar dari pengalaman.

Dengan pengalaman yang cukup, kamu akan mudah menjalani setiap tantangan dengan cara yang fleksibel dan mampu memilih risiko terkecil ketika terdesak.

Setelah kamu mengikuti semua saran yang ada, secara perlahan kamu akan menemukan pola bisnis yang terbaik sesuai dengan kenyamananmu. Tentu saja dalam memulai bisnis, ada proses yang sangat panjang dan tidak mudah.

Akan tetapi, karena bisnis yang akan kamu jalani merupakan bisnis yang sesuai dengan keinginanmu, kamu akan menikmati setiap proses yang ada.

Jika kamu merasa sudah siap untuk memulai bisnismu, segera lakukan sekarang juga, jangan sampai idemu terlanjur diaplikasikan oleh orang lain.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US