The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sukses Jualan Jamu di Amerika, WNI Ini Ungkap Sulitnya Bisnis di Luar Negeri
Sasa, sukses jualan jamu di New York, AS (Dok. Pribadi)
Life

Sukses Jualan Jamu di Amerika, WNI Ini Ungkap Sulitnya Bisnis di Luar Negeri

Rabu, 17 Agustus 2022 20:48 WIB 17 Agustus 2022, 20:48 WIB

INDOZONE.ID - Menjalankan bisnis tentu memiliki tantangan tersendiri, terlebih jika bisnis tersebut dibangun di luar negeri. Seperti yang dialami oleh Shanley Suganda, warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di New York City, Amerika Serikat.

djamu nyc
Djamu NYC, bisnis jamu buatan WNI (Dok. Pribadi)

Sasa sapaan akrabnya, merintis usaha minuman jamu dengan merek dagang 'Djamu NYC' di kota Big Apple itu. Terhitung sejak Mei 2021 ia menjalankan usaha tersebut. Namun di balik itu, Sasa mengakui membangun bisnis di Amerika enggak mudah. Ia harus banyak belajar dan mencari tahu lewat internet maupun bertanya ke orang-orang yang paham bisnis.

"Lumayan juga cari tahu semua hal-hal yang harus dikerjain. Karena belajar sendiri, jadi cari-cari informasi dari internet harus ngapain aja," kata Sasa kepada Tim Z Creators, Susi Fatimah.

djamu nyc
Pelanggan yang kepincut jamu buatan Sasa (Dok. Pribadi)

Sasa menjelaskan, ia harus mengurus sejumlah perizinan agar produk jamu racikannya bisa dipasarkan ke publik.

Pertama,ia harus membuat izin perusahaan atau limited liability company (LLC) terlebih dahulu, kemudian mengurus izin ke Cornell University agar produknya aman dikonsumsi, serta perizinan ke Departemen Pertanian Amerika untuk izin penjualan agar bisa dipasarkan secara resmi di New York.

djamu nyc
Djamu NYC disukai para bule (Dok. Pribadi)

Enggak berhenti di situ, ia juga harus menyewa commercial kitchen sebab aturan di Amerika produk yang akan dijual harus dibuat langsung di commercial kitchen, enggak bisa dibuat di rumah. Lalu ia juga harus mengurus food protector certificate.

"Jadi pelan-pelan urus ini dulu. Jadi semenjak 1,5 tahun ini lumayan juga sih progressnya lumayan jauh. Itu semua karena cari-cari informasi dari internet, tanya-tanya teman," ujar Sasa yang sudah menetap selama 29 tahun di Amerika.

djamu nyc
Booth Djamu NYC yang selalu laris manis (Dok. Pribadi)

Selain mengurus administrasi yang banyak, tantangan berikutnya membangun bisnis di Amerika, menurut Sasa, yaitu modal untuk biaya operasional dan marketing. Sebab ia harus menyewa dapur serta membeli botol-botol untuk produk jamunya.

"Yang paling berat sebenarnya perusahaan kecil seperti saya ongkosnya besar karena harus sewa commercial kitchen, harus beli bahan-bahannya kayak botolnya engga bisa beli sekali banyak dengan harga murah karena harus beli sedikit-sedikit karena kurang ada tempat di sini. Jadi tantangan paling berat sebenernya cost harga-harga itu," tuturnya.

djamu nyc
Menggunakan bahan organik dan fresh (Dok. Pribadi)

Tantangan berikutnya, lanjut Sasa yaitu persoalan marketing. Sebab banyak bule yang belum tahu mengenai minuman jamu khas Indonesia ini, sehingga perlu usaha ekstra untuk memperkenalkan produk jamu ini ke warga lokal Amerika.

"Karena orang-orang banyak yang belum tahu tentang jamu. Jadi sekarang itu dulu aja yang saya jalani selama 3 sampai 4 tahun ke depan, memperkenalkan jamu ke warga negara Amerika," ujarnya.

djamu nyc
Djamu diproduksi segar dalam jumlah terbatas (Dok. Pribadi)

Untuk kamu yang berada di Amerika, khususnya New York City dan penasaran ingin mencoba 'Djamu NYC' bisa datang langsung ke store-nya yang berlokasi di 19 W 34th Street, New York City atau tepatnya di seberang Empire State Building.

Store buka dari Senin sampai Jumat pukul 09.00 pagi hingga 16.00 sore. Sementara tiap Jumat, mereka buka stand di Smorgasburg WTC dan Minggu di Smorgasburg Prospect Park. Atau kamu bisa kunjungi Instagram mereka di @djamu.nyc atau websitenya www.djamu.nyc .

Jangan sampai ketinggalan ya!

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Susi Fatimah
Susi Fatimah

Susi Fatimah

Community Writer
JOIN US
JOIN US