The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kenali 5 Cara Identifikasi Online Shop Palsu Ini Biar Kamu Gak Ketipu!
Ilustrasi online shop palsu (freepik.com)
Life

Kenali 5 Cara Identifikasi Online Shop Palsu Ini Biar Kamu Gak Ketipu!

Penipuan online shop merugikan banyak pihak

Selasa, 05 Juli 2022 12:57 WIB 05 Juli 2022, 12:57 WIB

INDOZONE.ID - Di zaman yang serba mudah ini, kegiatan berbelanja tidak lagi harus dilakukan dengan cara konvensional atau dengan menyambangi tokonya secara langsung. Kini, semua orang dapat berbelanja online

Tren belanja online ini sangat memudahkan konsumen dan produsen itu sendiri. Bagi konsumen, belanja online tidak menghabiskan waktu dengan harus mengunjungi toko, sedangkan bagi produsen atau pemilik usaha, mereka dapat memulai usaha dengan mudah tanpa harus membuka toko terlebih dahulu. 

Akan tetapi, dengan adanya kemudahan dalam berbelanja ini, membuat oknum penipu dapat dengan mudahnya menipu konsumen melalui online shop palsu. Jadi, jika konsumen tidak aware akan hal ini, mereka akan dengan mudah tertipu. 

Maka dari itu, INDOZONE merangkum beberapa cara mengidentifikasi online shop palsu ini agar kamu tidak mudah tertipu. 

1. Cek Informasi Akun 

cara identifikasi online shop paslu
Ilustrasi mengecek akun Instagram online shop (freepik.com)

Ketika menemukan online shop, baik di Instagram maupun di marketplace, pastikan untuk mengecek informasi akun terlebih dahulu. Jika menemukan akun online shop di Instagram, kamu dapat mengecek infomasi akun melalui tanda titik tiga di pojok kanan atas pada profil, lalu muncul notifikasi dan klik 'About this account' atau 'Tentang akun ini'. 

Sementara itu, jika menemukan online shop di marketplace, pastikan untuk membuka profil toko terlebih dahulu dan baca deskripsi toko dan juga telaah melalui akun media sosial toko tersebut di platform lainnya. 

2. Cek Followers 

cara identifikasi online shop paslu
Ilustrasi followers online shop (freepik.com)

Cara identifikasi online shop palsu yang kedua adalah dengan mengecek jumlah followers atau pengikut. Followers yang sangat banyak sampai beribu atau beratus-ratus, tak berarti bahwa online shop tersebut aman. Demikian pula dengan followers sedikit, tak berarti akun online shop tersebut palsu. 

Untuk itu, penting untuk cek followers online shop dengan teliti. Jika ditemukan banyak akun palsu atau fake account, maka perlu diwaspadai. Jika menemukannya, kamu dapat langsung report akun tersebut agar tak menimbulkan korban lagi. 

3. Cek Kolom Komentar 

cara identifikasi online shop paslu
Ilustrasi identifikasi online shop palsu melalui cek komentar (freepik.com)

Kolom komentar menjadi salah satu hal yang ampuh untuk memudahkan proses identifikasi online shop palsu. Pasalnya, ketika kolom komentar online shop dimatikan, hal tersebut patut dicurigai. Hal ini karena kolom komentar menjadi salah satu informasi bagi konsumen, baik dalam hal terkait produk maupun ulasan produk. 

4. Pastikan Harga Sesuai 

cara identifikasi online shop paslu
Ilustrasi harga jual produk online shop palsu (freepik.com)

Cara mengidentifikasi online shop palsu berikutnya adalah dengan menyesuaikan harga. Ketika harga produk terlalu murah dari harga pasar atau terlalu mahal, maka patut dicurigai. Pasalnya, online shop dengan kategori produk apapun tak akan menetapkan harga jauh dari harga pasar, kecuali kategori barang luxury atau mewah. 

5. Cek Ulasan Pembeli 

cara identifikasi online shop paslu
Ilustrasi ulasan pembeli untuk identifikasi online shop palsu (freepik.com)

Tak dapat dipungkiri, kini, dengan berkembangnya marketplace, online shop tak hanya melakukan penjualan di Instagram saja, melainkan di marketplace juga. Ketika seseorang membeli produk di marketplace, tentu akan dianjurkan memberi ulasan setelahnya. 

Maka itu, penting untuk selalu mengecek ulasan produk dari pembeli. Jika ulasannya banyak yang buruk, atau terlihat mencurigakan, sebaiknya mencari online shop lainnya yang lebih meyakinkan. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US