The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal ‘Sutrah’ di Masjid, Ternyata Sudah Digunakan Sejak Zaman Rasulullah SAW
Sutrah di masjid sudah ada sejak zaman Nabi (Ari Dwi Prabowo/Z Creators)
Life

Mengenal ‘Sutrah’ di Masjid, Ternyata Sudah Digunakan Sejak Zaman Rasulullah SAW

Rabu, 27 Juli 2022 20:34 WIB 27 Juli 2022, 20:34 WIB

INDOZONE.ID - Masjid menjadi tempat yang suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Enggak heran kalau masjid disebut juga sebagai “rumah Allah” karena berbagai rangkaian ibadah agama Islam semuanya dilakukan di masjid. Mulai dari membaca Al-Qur’an, bersilahturahim, bersedekah, belajar, mendengar kajian, sampai salat semuanya dilakukan di masjid.

Berbicara mengenai salat yang merupakan kewajiban setiap umat muslim, umumnya salat di masjid dilakukan secara berjemaah atau beramai-ramai. Tentu saja terdapat ‘imam’ dan ‘makmum’ di dalam rangkaian pelaksanaannya. Namun enggak semua ibadah salat dilakukan di masjid dilakukan secara berjemaah, misalnya salat sunah atau menjadi ‘masbuk’.

salat berjemaah
Salat berjemaah di masjid (Ari Dwi Prabowo/Z Creators)

Biasanya di masjid jemaah datang dalam waktu yang berbeda-berbeda, yang menyebabkan lalu-lalang antar jemaah melewati saf salat terjadi. Di sinilah pentingnya penggunaan ‘Sutrah’ sebagai pembatas salat agar enggak menganggu salat antar jemaah. 

sutrah masjid
Sutrah menjadi penanda orang salat (Ari Dwi Prabowo/Z Creators)

‘Sutrah’ atau pembatas sendiri sudah dipraktekkan sejak zaman Rasulullah SAW, sesuai hadits yang beliau sampaikan. Bahkan dalam hadits, Rasulullah SAW mengatakan orang yang melewati orang yang sedang salat itu sejatinya sama dengan setan.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang di antara kalian melaksanakan sholat dengan memasang sutrah (batas) yang membatasinya dari orang-orang, lalu ada seseorang yang hendak lewat di depannya, maka hendaklah ia mencegahnya. Jika yang dicegah masih enggan, cegahlah dengan lebih keras, karena sejatinya ia itu congkak (sifat setan)”. (HR. Bukhari, No. 509 & HR. Muslim, No. 505)

sutrah masjijd
Sutrah sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW (Ari Dwi Prabowo/Z Creators)

Jadi ‘Sutrah’ yang berada di dalam masjid penting untuk kita gunakan, apalagi ketika sekiranya salat yang kita laksanakan akan dilalui jemaah lain.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Ari Dwi Prabowo
Ari Dwi Prabowo

Ari Dwi Prabowo

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US