The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Video Drone Menakjubkan Paus Bungkuk saat Menangkap Mangsa, Gunakan 'Jaring Gelembung'
Video menakjubkan paus bungkuk memangsa pakai jaring gelembung. (Photo/YouTube/Caters Clips)
Life

Video Drone Menakjubkan Paus Bungkuk saat Menangkap Mangsa, Gunakan 'Jaring Gelembung'

Kamis, 14 Oktober 2021 21:12 WIB 14 Oktober 2021, 21:12 WIB

INDOZONE.ID - Paus bungkuk dikenal sebagai hewan raksasa yang memiliki strategi makan unik. Mereka sering meniup kolom vertikal gelembung untuk berburu mangsanya, yang kemudian disebut sebagai jaring gelembung.

Sebuah video kini menjadi viral menunjukkan momen luar biasa sekelompok paus bungkuk membentuk spiral untuk berburu krill, sejenis udang geragau. Rekaman yang diabadikan menggunakan drone itu berhasil diambil oleh seorang pembuat film konservasi dan petualangan, Richard Sidey. Rekaman itu diambilnya saat mendokumentasikan proyek penelitian di Antartika.

Menyadur dari Daily Mail, Kamis (14/10/2021), ilmuwan mengira bahwa suara/panggilan paus mungkin menciptakan 'dinding suara' akustik yang mengintimidasi mangsa agar tetap berada di dalam jaring gelembung.

Dengan gelembung yang mereka keluarkan, para paus memiliki cukup ikan dan udang di dalam aliran air, untuk memuaskan selera mereka. Paus bungkuk tumbuh hingga 16 meter (52 kaki) panjangnya dan beratnya sekitar 36.000 kg.

Baca juga: Viral Video ODGJ Ganteng Dipasung di Kandang Bambu, Pas Bebas Teriak 'Merdeka'

Meskipun ukurannya cukup raksasa, paus bungkuk tidak berbahaya bagi manusia. Setiap musim panas, kira-kira 3.000 paus bungkuk di Hawaii bermigrasi sekitar 3.000 mil (4.800 kilometer) utara ke Alaska, untuk mengarungi diri mereka sendiri di mana makanan berlimpah.

"Menyaksikan perspektif udara dari pola-pola yang muncul di permukaan ini sangat mengharukan dan mengasyikkan. Saya memfilmkan adegan dari sebuah perahu kecil di dekatnya bersama para peneliti, yang merupakan ilmuwan yang terutama melihat bagaimana paus bungkuk beradaptasi dengan lautan yang lebih hangat di Antartika," kata Sidey.

"Metode mengumpulkan krill ini sebenarnya adalah teknik yang dipelajari, dan tidak semua paus bisa melakukannya, yang membuatnya semakin luar biasa. Ini adalah salah satu pemotretan dan pengalaman paling berkesan dalam karir fotografi satwa liar saya hingga saat ini tanpa keraguan," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US