The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Susah Cari Kerja Karena Covid-19, Orang Indonesia di Inggris Ini Sukses Buka Restoran
Chandra & Lorena pemilik restoran Longrain di Inggris. (Rosi Meilani/IDZ Creator Community)
Life

Susah Cari Kerja Karena Covid-19, Orang Indonesia di Inggris Ini Sukses Buka Restoran

Rabu, 08 Desember 2021 13:00 WIB 08 Desember 2021, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Traveling ke Inggris, jangan cuma berkeliling di London, tapi coba berkunjung ke kota-kota kecil lainnya yang memiliki keunikan sendiri. Salah satunya adalah Brighton, sebuah kota yang terkenal karena pantainya yang bersih serta suasanya kotanya yang tenang. Jauh berbeda dengan London yang sibuk dengan hiruk-pikuk masyarakatnya. 

Restoran, rekomendasi wisata di inggris, makanan indonesia
Chandra & Lorena pemilik restoran Longrain di Inggris. (Rosi Meilani/IDZ Creator Community)

Menariknya, di kota ini terdapat restoran Indonesia, bernama Longrain. Pemiliknya adalah orang Indonesia, asli Sabang, Aceh bernama Chandra. Ia dan istrinya, Lorena, sudah lama tinggal di Inggris, membuka restoran ini saat pandemi Covid-19 melanda. Keputusan Chandra dan Lorena untuk memulai bisnis makanan saat pandemi dilakukan karena sulitnya mencari pekerjaan. 

Restoran indonesia, makanan indonesia, inggris

Restoran Longrain di Inggris. (Rosi Meilani/IDZ Creator Community)

Awalnya, Chandra dan Lorena berjualan makanan secara online. Mereka berdua berbagi peran, Lorena yang bertugas memasak sedangkan Chandra yang berhubungan dengan pelanggan.

Selain makanan Indonesia, seperti rendang, nasi goreng, nasi kuning, tempe mendoan, perkedel, dan sate, restoran Lonrain juga menjual kopi Gayo khas Aceh serta menu-menu Thailand.  

Restoran indonesia, makanan indonesia, inggris
Menu restoran Longrain di Inggris. (Rosi Meilani/IDZ Creator Community)

Diluar ekspektasi, dari hari ke hari bisnis makanan Chandra dan Lorena makin laris. Sampai kewalahan dalam melayani pesanan sehingga harus merekrut beberapa karyawan. Saat pemerintah Inggris sudah memperbolehkan kafe dan restoran beroperasi, Longrain-pun diluncurkan terbuka untuk umum. 

“Terbayangkan, setelah berbulan-bulan lockdown dan orang-orang terkurung di rumah. Begitu Longrain dibuka, itu seperti tsunami!” kata Chandra saat menceritakan suasana hari pertama restoran dibuka.

Restoran Longrain, restoran indonesia
Suasana restoran Longrain di Inggris. (Rosi Meilani/IDZ Creator Community)

Sejak awal, restoran Longrain menyasar warga lokal Inggris dan wisatawan yang datang ke Brighton. Selain berbisnis, restoran ini juga punya misi khusus yaitu memperkenalkan kuliner khas Asia khususnya Indonesia. Nah, buat kalian yang jalan-jalan ke Inggris cobain deh berkunjungan ke restoran ini.

TAG
Yayan Supriyanto
Rosi Meilani
Rosi Meilani

Rosi Meilani

Community Writer
JOIN US
JOIN US