The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Gaya Hidup Hemat 'Frugal Living' dan Tips Memulainya
Ilustrasi gaya hidup sederhana (Pexels/mentatdgt)
Life

Mengenal Gaya Hidup Hemat 'Frugal Living' dan Tips Memulainya

Selasa, 22 September 2020 11:26 WIB 22 September 2020, 11:26 WIB

INDOZONE.ID - Pernah mendengar istilah 'frugal living'? Nah, ini merupakan gaya hidup yang cukup lama digaungkan di beberapa media massa sejak tahun 2007. Gaya hidup frugal living lebih menekankan pada pola hidup sederhana dan secukupnya saja.

Lebih tepatnya, frugal living adalah gaya hidup cerdas dalam mengatur uang bulanan. Sesuai namanya, 'frugal living' yang diambil dari bahasa Inggris berarti hidup hemat.

Bagaimana tips memulai gaya hidup frugal living? Apakah ada beberapa cara khusus dalam menerapkan metode frugal living ini? Artikel berikut akan membahas seputar tips gaya hidup frugal living.

Tips Memulai Gaya Hidup Frugal living

Untuk menerapkan gaya hidup frugal living, ada tips yang bisa kamu terapkan. Susah atau tidak? Semuanya tergantung pada niat dan prioritas ketika memulai gaya hidup frugal living ini.

1. Buatlah Anggaran Bulanan

tips memulai gaya hidup hemat frugal living
Ilustrasi menghitung keuangan (Unsplash/@kellysikkema)

Orang yang menerapkan frugal living dengan hidup murah tentu berbeda. Seorang frugalist cenderung lebih peduli pada nilai. Ia akan membeli sesuatu apabila perlu saja dengan harga terjangkau.

Sebab, frugalist -orang yang menerapkan frugal living- biasanya sudah membuat daftar anggaran bulanan. Selebihnya, ia akan melanjutkan hidup sederhana dengan sisa anggaran yang dimiliki.

2. Hidup Hemat untuk Kebutuhan Lain

tips memulai pola hidup hemat frugal living
Ilustrasi gaya hidup sederhana (Pexels/mentatdgt)

Pola hidup frugal living sering terkesan pelit. Tapi pada dasarnya, gaya hidup seperti ini lebih berusaha memanfaatkan sesuatu demi tujuan berhemat. Sementara sisanya, mereka tetap mengeluarkan uang hanya untuk keperluan mendesak.

Maka tak heran, beberapa orang yang menerapkan frugal living memilih hidup hemat dan menyisihkan uang untuk kebutuhan lain.

3. Cari Promo Makanan

tips memulai pola gaya hidup hemat frugal living
Ilustrasi makan (Pexels/Cliff Booth)

Hobi mencari promo makanan merupakan salah satu tips memulai gaya hidup frugal living. Seorang frugalist memilih membawa bekal atau memasak sendiri daripada makan di luar rumah karena dianggap lebih hemat.

Selain hemat soal lauk-pauk, mencari camilan promo di sejumlah supermarket juga dapat dilakukan ketika kamu menerapkan pola hidup frugal living.

4. Cara Menghibur Diri Tanpa Nongkrong

tips menerapkan pola gaya hidup hemat frugal living
Ilustrasi liburan ala frugal living (Unsplash/@sharonmccutcheon)

Hiburan bisa dilakukan tanpa harus nongkrong. Inilah prinsip dari gaya hidup frugal living yang mengusung konsep cermat dan hidup cukup sesuai kebutuhan.

Bagi mereka yang menerapkan pola hidup ini, hiburan bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan atau hobi yang tidak mengeluarkan biaya sepeser pun.

Misalnya saja, konsep 'staycation' yaitu kegiatan rekreasi dalam jarak perjalanan sehari dari rumah serta tidak memerlukan akomodasi semalam.

5. Meminimalisir Utang dan Gemar Menabung

tips memulai pola gaya hidup hemat frugal living
Ilustrasi menghitung uang (Unsplash/@sharonmccutcheon)

Menabung itu penting. Tapi zaman sekarang, konsep menabung tidak melulu harus di rekening bank saja. Kamu bisa menabung dalam bentuk investasi emas, saham, rumah, atau lainnya.

Bagi seorang frugalist, menabung adalah kewajiban. Karena dengan menabung, mereka bisa mengontrol semua kebutuhan sesuai sisa uang hingga akhir bulan. Ini termasuk tips meminimalisir utang versi gaya hidup frugal living.

Penutup

Sebagai penutup, kami mengutip kalimat bijak dari Brian Gardner, "I've learned that minimalism is not about what you own, it’s about why you own it."

Frugal living adalah gaya hidup yang sangat berhati-hati dalam mengatur pengeluaran. Di luar negeri, gaya hidup frugal living sudah mulai menjadi tren bagi generasi muda.

Sementara di Indonesia sendiri, frugal living masih sering dicibir karena terkesan pelit. Kalau menurut kamu sendiri bagaimana, guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US