The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Meski Murah, 4 Hal Ini Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Tua
Ilustrasi rumah tua. (Pixabay/Hebert2512).
Life

Meski Murah, 4 Hal Ini Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Tua

Agar tak menyesal di kemudian hari

Minggu, 18 Oktober 2020 18:12 WIB 18 Oktober 2020, 18:12 WIB

INDOZONE.ID - Tak dapat dipungkiri bahwa harga rumah semakin hari semakin mahal, sehingga banyak kaum muda yang harus memutar otak untuk bisa mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau. Daripada membangun rumah baru dari awal, beberapa orang lebih memilih untuk membeli rumah tua dengan niat untuk merenovasinya.

Harga rumah tua memang lebih murah daripada rumah yang baru dibangun. Namun, tanpa disadari kamu malah akan mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki masalah-masalah yang ada di rumah tersebut. Apalagi jika rumah tua yang kamu beli perlu banyak renovasi agar layak huni.

Nah, agar kamu tak mengalami kerugian, berikut ini adalah empat hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli rumah tua. Apa saja?

1. Informasi tentang berapa lama rumah dalam keadaan tidak ditempati

Ketika membeli rumah tua, kamu mungkin akan mendapatkan rumah yang sudah ditinggalkan pemiliknya dalam jangka waktu yang sangat lama. Rumah yang sudah lama tidak ditempati biasanya akan sulit mendapatkan kembali fungsinya, sebab tidak ada sirkulasi udara dan air.

Selain itu, tanpa ada campur tangan manusia selama bertahun-tahun, rumah akan dihuni oleh hewan atau tanaman liar, sehingga kamu perlu usaha ekstra untuk membersihkannya.

2. Kondisi bangunan

Kamu akan menempati rumah tersebut, sehingga kamu perlu tahu kondisi bangungan secara keselurahan, seperti dinding, lantai ataupun atap. Kamu bisa menilai seberapa besar kerusakan yang ada di rumah tersebut, lalu memperkirakan biaya renovasinya. Jangan lupa untuk menanyakan kondisi listrik dan jaringan di rumah tersebut, ya.

Jika bagian-bagian rumah hanya rusak pada bagian-bagian tertentu, kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya. Namun, jika rumah dalam kondisi rusak parah, kamu perlu membongkar dan mengganti banyak bagian rumah dengan biaya yang tidak sedikit. Biaya membongkar rumah biasanya dihitung berdasarkan meter persegi dan tingkat kesulitannya.

3. Rumah masih rata dengan jalan atau tidak

Hal ini cukup penting mengingat kondisi jalan yang biasanya terus bertambah tinggi. Tentu kamu tak ingin rumahmu lebih rendah daripada jalan, bukan? Kamu harus memperhitungkan hal ini, sebab biaya mengurug tanah tidaklah murah. Biasanya biaya urugan tanah dihitung berdasarkan volume meter persegi.

4. Cari tahu sejarah rumah tua tersebut

Kamu akan mengambil alih rumah tua dari pemilik sebelumnya, sehingga kamu harus tahu sejarah apa saja yang pernah terjadi di rumah tersebut. Meski sepele, mengetahui sejarah rumah dapat membuatmu lebih tenang saat tinggal disana. Kamu juga siap jika harus menghadapi masalah-masalah di rumah tersebut kelak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
M Fadli
Dita Rana
M Fadli

M Fadli

Writer
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US