The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bisa Nambah Pahala, Ini Makna dan Keutamaan Puasa di Bulan Syawal
Keutamaan puasa di bulan Syawal. (Pexels/abdulmeilk majed)
Life

Bisa Nambah Pahala, Ini Makna dan Keutamaan Puasa di Bulan Syawal

Apa saja?

Kamis, 28 Mei 2020 14:27 WIB 28 Mei 2020, 14:27 WIB

INDOZONE.ID - Setelah melewati bulan Ramadan, umat muslim memasuki bulan Syawal. Bulan ini merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan hijriyah. Bagi umat islam, bulan Syawal merupakan salah satu bulan terbaik setelah bulan Ramadan.

Pada bulan Syawal, umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah Swt. Banyak pahala yang bisa didapatkan pada bulan Syawal jika melakukan beberapa ibadah Sunnah.

Salah satu ibadah Sunnah yang bisa dilakukan pada bulan Syawal yakni dengan menjalankan puasa selam enam hari. Puasa selama enam hari di bulan Syawal menjadi penyempurna amalan pada bulan Ramadan.

Bisa Nambah Pahala, Ini Makna dan Keutamaan Puasa di Bulan Syawal
Keutamaan puasa di bulan Syawal. (Pexels/Pok Rie)

Puasa pada bulan Syawal biasanya dilakukan di hari kedua bulan Syawal. Hal ini karena di hari pertama atau saat Hari Raya Idul Fitri diharamkan untuk melaksanakan ibadah puasa.

Keutamaan puasa Syawal terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Muslim. Hadits itu berasal dari Abu Ayyub Al Anshori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW.

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR Muslim).


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US