The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Parenting Anak di Era Modern Bagi Orang Tua Masa Kini
Parenting Anak (Photo/Freepik/senivpetro)
Life

Tips Parenting Anak di Era Modern Bagi Orang Tua Masa Kini

Minggu, 17 Januari 2021 19:22 WIB 17 Januari 2021, 19:22 WIB

INDOZONE.ID - Parenting atau cara mengasuh dan mendidik anak merupakan komponen penting yang harus dipelajari setiap orang tua. Parenting yang tepat dapat membentuk karakter intelektual, sosial dan spiritual anak.

 

Parenting anak di era modern menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Hal ini karena perubahan zaman mempengaruhi anak dalam menerima didikan orang tua.

Menerapkan pola asuh yang ideal pada anak pada dasarnya merupakan kesempatan bagi orang tua untuk melakukan kebiasaan positif dan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Parenting Anak di Era Modern

Tak perlu khawatir jika kamu masih belum menguasai parenting pada anak, karena Indozone akan membagikan tips parenting anak di era modern bagi orang tua masa kini.

1. Menjadi Contoh yang Baik

Menjadi contoh yang baik merupakan hal utama dalam parenting anak. Anak adalah peniru yang ulung, mereka akan melakukan apa yang dilakukan orang tuanya.

Jadilah contoh yang baik bagi anak agar anak dapat memiliki karakter dan kebiasaan yang baik pula. Apalagi orang tua adalah sumber pengetahuan pertama setiap anak.

2. Sering Berkomunikasi

parenting anak
Parenting Anak (Photo/Freepik/alf061)

Dalam dunia parenting anak, penting menjalin komunikasi yang intens dengan anak. Komunikasi akan mempengaruhi daya pikir dan meningkatkan kepercayaan anak pada orang tua.

Dengan sering berkomunikasi, anak akan lebih mudah mengutarakan isi hatinya atau masalah yang sedang dihadapinya. Hal ini juga melatih anak bersikap jujur dan terbuka.

3. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Anak

Sebagai orang tua sudah seharusnya mengetahui potensi yang dimiliki anak. Hal ini dapat membangun rasa percaya diri serta berguna untuk mengembangkan bakatnya.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan anak, kamu juga lebih mudah menemukan solusi atas masalah yang sering ditimbulkan oleh si kecil.

4. Meluangkan Waktu

parenting anak
Parenting Anak (Photo/Freepik)

Meluangkan waktu juga perlu kamu lakukan sebagai orang tua. Apalagi jika anak yang meminta kamu untuk menemaninya bermain atau sekadar melihat aksinya.

Dengan meluangkan waktu untuknya, kamu sudah membantunya mengenal dunia, meningkatkan kecerdasannya dan membuatnya mudah bersosialisasi.

5. Berikan Perhatian dan Dukungan

Memberikan perhatian dan dukungan juga menjadi tips parenting anak yang paling penting. Perhatian dan dukungan dapat menumbuhkan rasa aman dan percaya diri pada anak.

Usahakan juga selalu mendengar perkataan anak meskipun sulit dimengerti. Hal ini akan membuat dia merasa dihargai dan kelak bisa menghargai orang lain.

6. Hindari Bersikap Kasar dan Berkata Buruk

parenting anak
Parenting Anak (Photo/Freepik/peoplecreations)

Tips parenting anak yang sering diabaikan adalah bersikap kasar dan berkata buruk. Hindari menunjukkan emosi negatif secara berlebihan di hadapan anak.

Memori otak pada anak akan sangat mudah merekam tindakan kasar dan perkataan buruk yang membuatnya meniru kebiasaan tersebut. Hal tersebut bahkan bisa mempengaruhi karakternya saat dewasa.

7. Beri Penjelasan Jika Anak Salah

Ketika anak melakukan kesalahan, sebisa mungkin hindari memarahinya secara berlebihan. Sebaiknya berikan penjelasan mengapa tindakan yang dilakukannya salah, serta akibat yang ditimbulkan.

Begitu pula ketika kamu yang melakukan kesalahan. Akui kesalahanmu di depan anak agar dia memiliki karakter yang besar hati dan mengakui kesalahan.

8. Tidak Memanjakan Anak

parenting anak
Parenting Anak (Photo/Freepik)

Hal yang perlu diperhatikan saat parenting anak adalah dengan bijaksana menuruti permintaan si kecil. Sebaiknya orang tua tidak perlu terlalu memanjakan anak demi kebaikannya di masa depan.

Apalagi jika permintaan anak memang tidak terlalu baik atau sedang tidak bisa dipenuhi orang tua. Berikanlah alasan yang sederhana yang mudah dimengerti olehnya.

9. Ajarkan Kemandirian

Mengajarkan kemandirian juga menjadi salah satu cara parenting anak yang harus diterapkan. Tidak perlu terlalu sering membantu apa pun yang anak lakukan, karena akan membuatnya terlalu bergantung pada orang tua.

Berikan kepercayaan pada anak untuk melakukan hal-hal kecil. Hal tersebut akan membentuk anak menjadi mandiri dan dapat mengambil keputusan sendiri.

10. Ajarkan Tanggung Jawab

parenting anak
Parenting Anak (Photo/Freepik)

Mengajarkan tanggung jawab merupakan perihal penting dalam parenting anak sejak dini. Berilah tanggung jawab sederhana dan sesuai dengan usia anak.

Membuang sampah pada tempatnya atau membereskan mainannya bisa menjadi contoh tanggung jawab yang dapat kamu ajarkan kepada si kecil agar ia tumbuh dengan baik.

11. Beri Apresiasi

Memberi apresiasi juga penting dilakukan oleh para orang tua dalam metode parenting anak. Apresiasi tak melulu soal hadiah, pujian sederhana juga menjadi apresiasi yang dibutuhkan anak.

Pujilah anak saat dia melakukan hal yang baik dan benar. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai dan mendorongnya melakukan kebaikan lainnya.

12. Ajari Menghargai dan Berbagi

parenting anak
Parenting Anak (Photo/Freepik/senivpetro)

Penting bagi orang tua untuk mengajari anak tentang sikap saling menghormati dan berbagi. Hal ini membantunya melatih sikap empati dan tenggang rasa.

Sebagai orang tua, kamu bisa mengajari anak dari hal-hal sederhana seperti berbagi makanan yang dimiliki dan membantu orang lain yang membutuhkan bantuan.

13. Jangan Kritik Berlebihan

Kesalahan demi kesalahan adalah hal yang biasa dilakukan anak. Sebagai orang tua tidak sepatutnya kamu menuntut anak untuk selalu benar karena ini akan membebaninya.

Ketika anak salah, berikan kritikan secukupnya. Tegur dengan santun, beri penjelasan, dan sertakan solusinya. Jangan menjatuhkan mental anak dan membuatnya ketakutan hingga mengalami trauma.

14. Memantau Penggunaan Internet

parenting anak
Parenting Anak (Photo/Freepik/racool_studio)

Era modern membuat perkembangan teknologi berperan terhadap tumbuh kembang anak. Sebagai orang tua, kamu dapat memanfaatkan teknologi untuk mencari pengetahuan dan hiburan.

Namun jangan lupa untuk selalu memantau penggunaan internet pada anak. Tentukan pula durasi anak bermain gadget dan pilih konten yang bersifat edukatif.

15. Tidak Membandingkan

Tidak ada orang yang suka dibanding-bandingkan, termasuk anak. Orang tua sangat tidak disarankan membanding-bandingkan anak dengan saudara kandungnya atau anak orang lain.

Hal tersebut dapat membuat anak tidak nyaman dan rendah diri. Membanding-bandingkan juga dapat membentuk jiwa kompetitif yang tidak sehat dan menimbulkan masalah di kemudian hari.

16. Selalu Jawab Pertanyaannya

parenting anak
Parenting Anak (Photo/Freepik)

Menjawab pertanyaannya yang diajukan anak juga menjadi tips parenting anak yang berperan untuk tumbuh kembangnya. Ketika memasuki usia emas, anak akan sering melontarkan banyak pertanyaan.

Jawablah pertanyaan anak meskipun pertanyaan tersebut tidak terlalu penting. Jika anak bertanya pertanyaan ajaib, beri jawaban yang disertai contoh atau korelasi yang berkaitan.

Itulah contoh parenting anak di era modern yang bisa diterapkan oleh para pasangan muda. Jadilah orang tua masa kini yang bijak dan cerdas. Semoga bermanfaat!

TAG
Zal
Indriyana
Zal

Zal

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US