The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Ini Pelaku Pemenggalan Guru Sejarah Prancis
Ilustrasi garis polisi. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Life

Ternyata Ini Pelaku Pemenggalan Guru Sejarah Prancis

Minggu, 18 Oktober 2020 00:14 WIB 18 Oktober 2020, 00:14 WIB

INDOZONE.ID - Seperti yang diketahui, seorang Guru Sejarah Prancis bernama Samuel Paty, dibunuh di kota kecil Conflans-Sainte-Honorine. Namun, yang membuat heran, pelaku pemenggalan guru tersebut adalah remaja berusia 18 tahun yang merupakan pendatang dari Chechnya.

Menyadur dari laman Associated Press, Sabtu (17/10), aparat setempat juga menangkap 9 pelaku lain dalam kejadian tersebut, termasuk kakek, orang tua dan saudara pelaku yang berusia 17 tahun.

Sementara itu, pelaku yang diamankan terpaksa ditembak mati polisi saat membawa pisau dan pistol mainan yang sempat dianggap mengancam petugas saat diminta untuk menyerahkan diri. Ia bahkan sempat melepaskan tembakan peluru ke arah polisi.

Pemicunya adalah dia sempat menggelar diskusi tentang karikatur Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, di dalam kelas. Sejumlah orang tua pelajar lantas protes terhadap Paty sebab Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, adalah figur sakral dan tidak bisa digambarkan dengan karikatur. Dari yang disampaikan oleh kepolisian, polisi menyebutkan Paty menerima ancaman setelah membuka diskusi itu.

"Guru itu diancam setelah membuka diskusi 'untuk berdebat' tentang kartun (Nabi Muhammad) sekitar 10 hari lalu," ujar pejabat kepolisian yang namanya tidak disebut.

Sementara itu, penyidik Prancis membuka investigasi dugaan terorisme di dalam kejadian tersebut. Di sisi lain, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, datang ke lokasi usai kejadian dan menyebut kejadian itu sebagai serangan teror.

"Salah satu rekan kita dibunuh hari ini karena apa yang dia ajarkan, kebebasan berpendapat, dan kebebasan untuk meyakini dan tidak meyakini," kata Macron.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US