The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Utama Seseorang Suka Pamer dengan Cara Merendahkan Dirinya
Ilustrasi pamer. (Forge-medium)
Life

Ini Alasan Utama Seseorang Suka Pamer dengan Cara Merendahkan Dirinya

Termasuk kamu?

Minggu, 25 Oktober 2020 14:13 WIB 25 Oktober 2020, 14:13 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kamu pernah berinteraksi dengan seseorang yang suka memamerkan semua kelebihan yang ia miliki? Jika iya, rasanya pasti sangat menyebalkan, bukan? Apalagi kalau orang tersebut sengaja melakukannya dengan cara yang samar-samar. 

Misalnya saja, kamu memiliki teman perempuan yang punya bentuk tubuh ramping dan berat badan ideal. Namun, saat meng-upload foto seluruh tubuhnya ke sosial media, ia malah menuliskan caption "gendut banget sih gue", dengan harapan akan ada orang lain yang menyangkal hal tersebut dan memberinya pujian.

Perilaku seperti ini sering disebut sebagai humblebrag. Biasanya para pelakunya akan membuat sebuah pernyataan yang nampak merendahkan dirinya sendiri. Padahal, sebenarnya ia hanya bermaksud untuk pamer atau mengharapkan pujian dari orang lain.

Ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan hal tersebut. Pertama, ia ingin mendapatkan pengakuan dan pujian dari orang lain. Sebab sudah pasti ia ingin orang lain tahu keberhasilan yang telah ia capai atau apa saja keunggulan yang ia miliki.

Mungkin saja ia merasa tidak sabar untuk mendengar pengakuan ataupun pujian dari orang lain. Sehingga, ia mulai mempromosikan dirinya lebih dulu. Ia berharap ada orang lain yang menyadari hal tersebut, lalu mengakui dan memuji dirinya.

Kemudian, alasan lainnya adalah ia tidak ingin orang lain menganggap dirinya sebagai orang yang sombong. Ia ingin seseorang tahu kelebihan apa saja yang ia miliki, namun tetap tak ingin dianggap sombong. Ia menyadari kalau sikap sombong adalah perilaku yang tidak menyenangkan, sehingga ia menghindari hal tersebut. Daripada tidak punya teman karena dikenal sombong, ia lebih memilih untuk memamerkan sesuatu dengan cara merendahkan dirinya sendiri.

Perilaku humblebrag akan banyak sekali ditemukan di dalam sosial media. Sebab, sosial media adalah media yang paling tepat untuk mencari perhatian. Jadi, jangan heran kalau kamu tiba-tiba menemukan seseorang yang mengeluh dengan kemacetan di jalan raya, namun yang ditunjukkan adalah dirinya yang sedang mengendarai mobil mewah.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US