Kenali Ciri Kecanduan Belanja
Ilustrasi/Unsplash
Life

Kenali Ciri Kecanduan Belanja

Sabtu, 14 Desember 2019 13:29 WIB 14 Desember 2019, 13:29 WIB

INDOZONE.ID - Di zaman yang serba teknologi ini, banyak orang yang lebih memilih belanja online ketimbang belanja langsung di toko. Apalagi jika ada toko-toko online yang menawarkan diskon gila-gilaan, seperti pada saat Harbolnas beberapa waktu lalu.

Namun, nggak jarang beberapa orang justru jadi kecanduan belanja. Nah, kalau sudah begini, uang simpananmu bisa cepat habis karena terlalu banyak belanja.

belanja online
Ilustrasi/Unsplash

Sebuah studi baru Comprehensive Psychiatry yang diterbitkan dalam jurnal Elsevier pada November lalu mengungkapkan gejala-gejala kecanduan belanja online (BSD).

Mereka biasanya berusia lebih muda. Mereka juga akan mengalami tingkat kecemasan dan depresi yang lebih besar, dan cenderung menunjukkan keparahan gejala BSD yang lebih tinggi.

belanja online
Ilustrasi/Unsplash

BSD sendiri dicirikan sebagai gangguan kontrol impuls spesifik dalam Klasifikasi internasional edisi revisi ke-11.

Adapun tanda-tanda kecanduan belanja online yaitu memiliki keinginan yang ekstrem untuk belanja. Mereka yang kecanduan belanja online juga biasanya memiliki dorongan yang tak tertahankan saat melihat barang-barang tertentu.

Kondisi ini bisa menyebabkan masalah di keluarga, masalah di keuangan seperti harus mengutang karena pengeluaran yang deras akibat belanja online.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU