The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Bocah Penjual Basreng Beri Sumbangan Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym
Tangkapan layar seorang bocah memasukkan uang sumbangan untuk Pesantren Daarut Tauhid. (Instagram @indonesianoftheday)
Life

Kisah Bocah Penjual Basreng Beri Sumbangan Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym

Rabu, 09 Maret 2022 14:50 WIB 09 Maret 2022, 14:50 WIB

INDOZONE.ID - "Alloh mendidik kita dengan contoh adik kecil ini, senantiasa mendahulukan bersedekah, berwakaf dari hasil jerih payahnya."

Demikian komentar Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym, usai mengetahui ada seorang bocah penjual basreng, yang penampilan dan kondisinya jauh dari kata mapan, memberikan sedekah secara sembunyi-sembunyi untuk pesantren yang dipimpin olehnya, yakni Pondok Pesantren Daarut Tauhid, pada Sabtu (5/3/2022).

Apa yang dilakukan bocah tersebut menggugah perasaan terdalam banyak warganet. 

"1.sedekah dlm keadaan sempit. 2.sedekah sembunyi2... Masyaa Alloh ???????? semoga Alloh berkahi adik ini dan Alloh angkat derajat keimanannya dan kehidupan klrgnya, aamiin yaa Alloh," komentar akun Instagram @meea_marlena77, pada unggahan di akun Instagram @aagym.

"Bersodaqoh ga mesti nunggu kaya dulu, ga mesti harus punya banyak dulu, yg penting ikhlas memberi sesuai kemampuan," komentar akun @wivd3569.

"Masya Allah, dengan keadaan seperti itu dia bisa dan bahkan mudah bersedekah. ternyata diriku masih sangat pelit," timpal akun @nab14_.

Bocah tersebut diketahui bernama Muhammad Rizki. Usianya 14 tahun.

Sehari-hari, ia berjualan basreng dan makaroni di sekitaran Yayasan Daarut Tauhid. Uang hasil jualannya dipakai untuk biaya sekolah dan makan.

Menurut keterangan video yang beredar, lokasi video itu direkam di daerah Gegerkalong, Cibogo, Kota Bandung pada Sabtu (5/3/2022).

Video tersebut pun sudah dilihat oleh Aa Gym sebagai pemilik pesantren dan ia unggah di akun Instagram-nya.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @indonesianoftheday, bocah tersebut terlihat bertelanjang kaki alias tidak memakai sandal atau alas kaki apapun. Ia memanggul karung goni lusuh. Ia memakai kaos dan celana panjang warna oranye dan masker hitam.

Ia memasukkan sejumlah uang ke dalam kotak amal bertuliskan "WAKAF untuk pengembangan Pesantren Daarut Tauhid" yang diletakkan di depan sebuah bangunan, dengan tangan kanannya secara diam-diam, sambil menutupi tangan kanannya dengan kotak wadah makanan yang sudah kosong.

Setelah itu, ia pun pergi dari tempat itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Satpol PP Cantik Jualan Nasi Babat Sehari Laku 100 Porsi, Untungnya Disedekahin!

Teuku Wisnu Bagikan Fakta Mengejutkan Kecelakaan Maut Balikpapan, Selamat karena Sedekah

Kios Ini Tak Terjamah Api Saat Kebakaran Pasar Kroya, Pemilik Disebut Sering Sedekah


 

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US