The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Tetap Semangat Bangun Sahur di Hari-Hari Terakhir Ramadhan, Ingat Cari Keberkahan
Ilustrasi malas bangun sahur (Instagram/odua)
Life

5 Cara Tetap Semangat Bangun Sahur di Hari-Hari Terakhir Ramadhan, Ingat Cari Keberkahan

Sayang dilewatkan.

Sabtu, 23 April 2022 20:00 WIB 23 April 2022, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Tak terasa kita sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadhan. Itu artinya sebentar lagi akan lebaran dan kita meninggalkan kewajiban berpuasa.

Meski begitu, banyak di antara kita yang malah makin malas bangun sahur. Bukannya bersemangat beribadah di sisa-sisa hari terakhir Ramadhan, kita justru semakin terbuai dengan rasa kantuk.

Padahal waktu hari-hari terakhir bulan Ramadhan adalah waktu yang paling pas untuk mendapatkan keberkahan. 

“Dari Abu Hurariah, Ramadhan itu adalah bulan yang awalnya penuh dengan rahmat. Di pertengahannya penuh dengan ampunan. Dan di ujungnya pembebasan dari api neraka,” (HR Ibnu Abi Dunya dan Ibnu 'Asakir).

Oleh karenanya, agar tetap semangat berpuasa dan tak melewatkan sahur, sebaiknya kamu melakukan beberapa cara berikut.

Baca juga: Jangan Tidur Lagi, Ini 5 Rekomendasi Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Selepas Sahur

Dikutip dari ANTARA, inilah 5 cara agar tetap bersemangat bangun sahur di hari-hari terakhir bulan Ramadhan.  


1. Tidur lebih cepat

Ilustrasi tidur (Freepik/Damir Khabirov)
Ilustrasi tidur (Freepik/Damir Khabirov)

Tidur lebih cepat bukankah hal yang mudah dilakukan. Meski pada siang hari kita cukup mengantuk, nyatanya saat malam tiba, kita malah lebih berenergi dan terus terjaga. 
 
Karena itu seberapapun sakitnya usahakan untuk tidur lebih cepat. Hal ini penting agar kamu mudah bangun dan tak melewatkan makan sahur. 

2. Jauhkan alarm

Ilustrasi malas bangun sahur (Instagram/odua)
Ilustrasi malas bangun sahur (Instagram/odua)

Kamu akan lebih mudah mematikan alarm apabila posisinya ada di jangkauan tangan.

Oleh karenanya, letakkan alarm di tempat yang agak jauh, misalnya di meja seberang tempat tidur, agar ketika alarm berbunyi kamu mau tidak mau harus bangun untuk mematikannya.

3. Siapkan menu yang membangkitkan selera

Ilustrasi makanan sahur (Instagram/odua)
Ilustrasi makanan sahur (Instagram/odua)

Sebelum tidur, pikirkan menu sahur yang seru dan membuat kamu tak sabar bangun untuk menyantapnya. 
Siapkan menu yang lezat sesuai selera, tapi pastikan semuanya mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, ya.

4. Jadi ajang kumpul keluarga

Ilustrasi makan sahur (Instagram/odua)
Ilustrasi makan sahur (Instagram/odua)

Buatlah sahurmu menjadi waktu yang ditunggu dengan cara menyusun kegiatan bersama keluarga. 
 
Kamu bisa mulai dengan bangun beramai-ramai dan saling berbagi tugas.

Ajak tiap anggota keluarga untuk ambil bagian dalam menyiapkan sahur, mulai dari menyeduh teh hangat, menyiapkan kurma atau memanaskan makanan.

5. Olahraga rutin

Ilustrasi olahraga (Freepik/Antonioguillem)
Ilustrasi olahraga (Freepik/Antonioguillem)

Olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan berolahraga kamu akan selalu bugar dan punya pola istirahat yang baik. 

Salah satu olahraga yang cocok untuk dilakukan saat puasa ialah jalan kaki. Bila kamu melakukan kegiatan ini secara konsisten, maka waktu tidurmu akan lebih teratur. 
 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US