The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pohon Pisang Berbuah Seribu Tumbuh di Mandailing Natal, Benarkah Dapat Membawa Berkah?
Ilustrasi pohon pisang berbuah seribu (Pixabay/shameersrk)
Life

Pohon Pisang Berbuah Seribu Tumbuh di Mandailing Natal, Benarkah Dapat Membawa Berkah?

Senin, 17 Januari 2022 13:35 WIB 17 Januari 2022, 13:35 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini warga Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara dikejutkan dengan fenomena pohon pisang berbuah seribu. Pohon pisang itu dimiliki oleh salah seorang warga bernama Masrifoh.

Masrifoh mengaku heran, karena tak menyangka pisang yang ditanamnya setahun lalu kini berbuah hampir seribu dalam satu tandan. Padahal jika dilihat sekilas, pohon pisang tersebut tidak ada bedanya dengan pohon pisang biasa.

Akan tetapi, jika dilihat dari dekat, barulah tampak keunikannya. Di mana pohon tersebut memiliki panjang tandan lebih dari 2,5 meter dengan jantung pisang yang hampir menjangkau tanah akibat saking banyak buahnya.

Panjang tandan pisang lebih dari 2,5 meter, dengan jantung pisang yang hampir menjangkau tanah. Sayangnya untuk jenis pisang tersebut, sang pemilik tidak bisa memastikannya. Sebab ia memperoleh bibit pisang tersebut dari temannya. 

"Saya tidak menyangka, bahwa pisang yang saya tanam setahun lalu akan menghasilkan buah sebanyak ini. Saya juga kurang tahu ini jenis apa," ungkap ibu rumah tangga warga Kelurahan Mompang Jae, Kecamatan Panyabungan Utara tersebut.

Namun karena ia menganggap pohon pisang itu membawa berkah, maka ia terus membiarkan pohon itu tumbuh. Bahkan ia berniat membagi-bagikan hasil buah pisangnya kepada warga sekitar secara gratis, tentunya saat pisang tersebut sudah matang sempurna.

Lantas bagaimana ahli melihat fenomena ini?

Dalam pandangan islam sendiri, segala keberkahan datangnya hanya dari Allah SWT. Sehingga apabila ada fenomena langka terjadi maka hendaklah disikapi dengan bijak.

"Sesuatu yang seperti ini harus disikapi dengan bijak. Sebab bisa menjerumuskan seseorang dalam kesyirikan karena sebagai seorang muslim kita harus meyakini tak ada yang memberikan manfaat maupun mudarat kecuali Allah SWT,” terang Ustadz Ahmad Zainuddin dalam sebuah tayangan Youtube yang dilihat Indozone Senin (17/1/2022).

Adapun jika disikapi secara sains, Peneliti dari Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Tumbuhan, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Yuyu Suryasari Poerba menyebutkan, pohon pisang memang bisa mengeluarkan buah lebih dari satu dalam satu tandan. Hal itu dikarenakan mutasi alami yang tidak stabil.

“Fenomena tersebut biasa terjadi pada pisang. Penyebabnya belum jelas, tetapi salah satu kemungkinannya adalah mutasi alami,” kata Yuyu beberapa waktu lalu saat menanggapi fenomena yang sama. 

Ia juga menjelaskan pada pohon pisang memiliki keunikan bisanya sering mengalami pertumbuhan yang tidak stabil.

“Masalahnya, mutasi alami ada yang tetap atau stabil, ada yang tidak stabil. Saya belum pernah dapat laporan atau pengalaman pohon pisang bertandan dan berbuah banyak yang stabil,” pungkasnya. 
 


Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US