The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nama Desa Ini Bikin Salfok Jomblo-jomblo, Namanya Pacar Peluk!
Desa unik bernama Pacar Peluk (Z Creators/Dio Masafan Mufio)
Life

Nama Desa Ini Bikin Salfok Jomblo-jomblo, Namanya Pacar Peluk!

Kamis, 25 Agustus 2022 17:44 WIB 25 Agustus 2022, 17:44 WIB

INDOZONE.ID - Selain Dusun Memek, ada dusun atau desa bernama unik lainnya di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Buat yang pertama kali mendengarnya pasti akan merasa lucu atau gemas karena nama desa ini identik sama gambaran sepasang kekasih yang sedang berpelukan.

Desa Pacar Peluk terletak di utara pusat Kabupaten Jombang, atau tepatnya di Kecamatan Megaluh.

Sejarah Desa Pacar Peluk

desa pacar peluk
Desa Pacar Peluk bagian dari Kab Jombang (Z Creators/Dio Masafan Mufio)

Tim Z Creators, Dio Masafan Mufio sempat berkeliling Desa Pacar Peluk dan mencari tahu asal-usul desa ini dari warga yang bernama Harto (62). Menurut Harto, dulunya Desa Pacar Peluk merupakan hutan lebat. Kemudian ada seseorang pengembara dari Jawa Tengah bernama Mbah Wonoyudho  yang berniat untuk membabat alas hutan yang lebat menjadi permukiman.

"Menurut cerita dari Mbah-mbah saya dulu, nama pacar bukan dari kata pacaran, tapi dari tanaman pacar. Jadi dulu Mbah Wonoyudho pas mbabat alas banyak menemukan tumbuhan pacar, kemudian dijadikan lah pacar sebagai nama wilayah ini,” tutur Harto, Rabu (24/8/22).

Harto menambahkan, selang beberapa waktu kemudian desa ini didatangi oleh seorang pengembara juga yang asalnya sama dari Jawa tengah, yakni Mbah Kalam. Ia berniat membantu Mbah Wonoyudho untuk mbabat alas lebih luas lagi. Kemudian Mbah Kalam dijodohkan dengan Kik Liyah atau putri dari Mbah Wonoyudho.

Setelah bersama-sama membabat, mereka berjumpa dengan seorang lelaki yang sedang bersemedi di bawah pohon mangga dengan memakai kupluk kuncir dan membawa bekal nasi yang dikepeli atau dipuluk.

desa pacar peluk
SD di Desa Pacar Peluk (Z Creators/Dio Masafan Mufio)

Dari kejadian itu, daerah yang ditempati pemuda tersebut untuk bertapa kemudian menjadi wilayah yang diberi nama Peluk, diambil dari kata Puluk. Enggak lama kemudian Mbah Wonoyudho wafat. Keturunan Mbah Wonoyudho yang akhirnya mengembangkan permukiman tersebut.

Masih dengan antusias, Harto bercerita kalau pemimpin desa atau lurah baru ditetapkan sekitar tahun 1870-an.

Lurah yang pertama menjabat di desa Pacar Peluk bernama Mbah Konde, yakni cucu dari Mbah Wonoyudho.

Pada saat masa pemerintahan Mbah Konde, ia menggabungkan nama dua wilayah itu menjadi satu desa, yaitu bernama Desa Pacar Peluk yang dikenal sampai saat ini.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Dio Masafan Mufio Rois
Dio Masafan Mufio Rois

Dio Masafan Mufio Rois

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US