The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada-ada Saja! Emak-emak di Bacukiki Lomba Menggelindingkan Tampah, Ternyata Gak Mudah!
Lomba menggelindingkan tampah (Rudi Hartono/Z Creators)
Life

Ada-ada Saja! Emak-emak di Bacukiki Lomba Menggelindingkan Tampah, Ternyata Gak Mudah!

Jumat, 19 Agustus 2022 13:18 WIB 19 Agustus 2022, 13:18 WIB

INDOZONE.ID - Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 identik dengan upacara dan aneka perlombaan. Mulai dari lomba panjat pinang, lomba balap karung, makan kerupuk dan lain sebagainya. Namun di Kecamatan Bacukiki, Parepare, Sulawesi Selatan, panitia HUT Kemerdekaan menggelar lomba balap tampah.

Oleh warga setempat, lomba ini disebut Mappadinding Pattapi. Mappadinding adalah bahasa Bugis yang berarti “menggelindingkan”, sementara Pattapi adalah sebutan untuk tampah.

gelinding tampah
Emak-emak kewalahan menggelindingkan tampah (Rudi Hartono/Z Creators)

Meski bentuk tampahnya bundar, tentu enggak mudah untuk menggelindingkan tampah karena setiap sisinya punya berat yang berbeda. Inilah yang menjadi faktor kesulitan bagi peserta yang mengikuti lomba balap tampah ini.

"Kalau dilihat memang mudah sekali, tinggal dorong saja ke depan, tapi nyatanya susahnya minta ampun, arah larinya susah ditebak,” terang Jannah, salah satu warga Bacukiki.

lomba menggelindingkan tampah
Lomba menggelindingkan tampah (Rudi Hartono/Z Creators)

Para peserta yang didominasi emak-emak ini rela kesulitan demi memperebutkan peralatan dapur hingga paket sembako. Saking banyaknya peserta, panitia sampai harus menggelar lomba ini selama dua hari, dari rencana awal yang cuma sehari saja.

"Ibu-ibunya protes, semua mau ikut lomba, jadi dari pada didemo sama ibu-ibu kita tambah lagi kuota pesertanya," beber Burhan, panitia lomba Agustusan di Bacukiki.

Tampah sendiri sebenarnya adalah alat rumah tangga yang kerap digunakan ibu rumah tangga untuk memisahkan beras dari kotoran sebelum dimasak. Terbuat dari bambu dengan bentuk bundar, berat setiap sisi yang berbeda dari tampah ini memang membuatnya sulit untuk digelindingkan layaknya ban sepeda.

Dan hal inilah yang menjadi tontonan menarik bagi warga.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Rudi Hartono
Rudi Hartono

Rudi Hartono

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US