The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tetap Berkesan, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Nikah Virtual
Ilustrasi menggelar pernikahan virtual. (Eventlive)
Life

Tetap Berkesan, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Nikah Virtual

Simak ya.

Rabu, 21 Oktober 2020 09:30 WIB 21 Oktober 2020, 09:30 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini kita harus terbiasa dengan gaya hidup baru karena adanya pandemi Covid-19 di Indonesia. Bukan hanya kegiatan rutin saja yang harus menyesuaikan diri, namun kegiatan lainnya seperti acara pernikahan juga harus dilaksanakan dengan cara berbeda.

Jika kamu tak ingin momen berharga sekali seumur hidup harus terlewati begitu saja, kamu bisa melaksanakan pernikahan secara virtual, lho.

Namun, meski dilakukan secara online, kamu tak perlu khawatir acara jadi terasa tidak menyenangkan, ya. Sebab, kamu tetap bisa membuat acaranya jadi berkesan. Nah, berikut ini adalah lima hal yang perlu kamu siapkan untuk melaksanakan pernikahan secara virtual. Apa saja?

1. Undangan Digital

Pernikahan virtual
Ilustrasi undangan pernikahan. (Pexels/Olya Kobruseva)

Meski tidak dilaksanakan di sebuah gedung dan mengundang orang-orang secara langsung, kamu tetap perlu membuat undangan digital untuk memberi kabar pada mereka. Undangan digital tidak perlu dicetak, sehingga kamu bisa memaksimalkan budget pada desain undangan.

Pada undangan digital, kamu bisa menuliskan nama kedua mempelai, keluarga mempelai, tanggal dan waktu pernikahan, serta barcode khusus yang bisa mengarahkan para tamu untuk melihat pernikahan kalian secara live melalui media sosial pada hari-H.

2. Konsumsi dan Hampers

Tetap Berkesan, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Nikah Virtual
Ilustrasi makanan di pesta pernikahan. (Pexels/Fu Zhichao)

Kamu dan pasangan tak perlu menyediakan konsumsi banyak untuk melangsungkan pernikahan secara virtual. Kalian cukup menyediakan konsumsi untuk keluarga terdekat yang hadir pada acara pernikahan serta untuk para panitia yang membantu acara agar bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Bagi para tamu undangan yang tidak bisa hadir, kalian bisa mengirimkan hampers ke kediaman mereka masing-masing. Hampers tersebut bisa berupa makanan, snack, souvenir atau alat-alat yang menunjang protokol kesehatan seperti masker, face shield, dan hand sanitizer.

3. Pemandu Acara

Tetap Berkesan, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Nikah Virtual
Ilustrasi mempelai memotong kue pernikahan. (Pexels/Rene Asmussen)

Meski acara pernikahan dilangsungkan secara online, kamu tetap perlu menggunakan jasa pemandu acara agar susunan acara pernikahan dapat berjalan dengan lancar dan tidak berantakan. Orang-orang di rumah yang melihat acaramu secara live juga akan terbantu dengan adanya pemandu acara atau MC. Pastikan MC sudah tahu lebih dulu kalau acara yang akan kalian buat adalah sebuah acara nikah virtual, ya.

4. Pakaian Pernikahan dan Makeup

Tetap Berkesan, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Nikah Virtual
Ilustrasi gaun pernikahan. (Pexels/Pixabay)

Hal ini juga tak kalah penting karena kalian berdua harus tetap terlihat cantik dan ganteng di kamera. Kalian juga perlu menggunakan pakaian pernikahan untuk mengabadikannya dalam sebuah foto atau video. Jadi, tetap gunakan pakaian impianmu, meski hanya untuk pernikahan virtual.

5. Dekorasi

Tetap Berkesan, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Nikah Virtual
Ilustrasi dekorasi pernikahan. (Pexels/Asad Photo Maldives)

Dekorasi adalah hal yang cukup penting di dalam acara pernikahan secara online. Sebab, kamu dan pasangan sudah berusaha tampil semaksimal mungkin dengan pakaian dan make up yang terbaik. 

Untuk menekan budget dekorasi yang terkesan mubazir, kalian bisa menggunakan studio dan green screen dan bisa diedit sedemikian rupa agar terlihat seperti pesta pernikahan pada umumnya. Hasil foto, video, dan live streaming dengan menggunakan dekorasi seperti ini juga tak kalah bagus dibandingkan dengan dekorasi sungguhan, kok.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk melangsungkan pernikahan secara virtual?


Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US