The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Mbah Lasiyo, Petani Pisang  yang Viral Beri Tips Bikin Usaha
Mbah Lasiyo pria yang sukses sebagai petani pisang dan disebut sebagai professor pisang. (photo/Youtube/ Kementerian Pertanian RI)
Life

Mengenal Mbah Lasiyo, Petani Pisang yang Viral Beri Tips Bikin Usaha

Kamis, 15 Oktober 2020 21:22 WIB 15 Oktober 2020, 21:22 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pria yang memberikan tips untuk membuat usaha yang maju.

Pria tersebut menyebutkan bahwa untuk membuat usaha dibutuhkan modal 3 M, yaitu Melihat, Memahami dan melaksanakan. Selain itu iya menyebutkan bila ingin lebih sukses lagi kamu harus memelihara 'TUYUL'.

"Untuk usaha itu, kita modalnya adalah 3 M,  M satu adalah melihat, M dua adalah memahami, dan M tiga melaksanakan, jika dilakukan dengan baik dan benar Insya Allah akan berhasil, tapi bila ingin berhasil lagi, bila kita memelihara 'TUYUL', ujar pria tersebut.

Hal tersebut pun membuat syok netizen di sosial media, namun ternyata video tersebut telah dipotong dan kata tersebut mempunyai kepanjangan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Untuk yang mau berusaha bisa pakai cara ini???? . Video: Guyon Waton

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

Dilansir dari laman Youtube Kementerian Pertanian RI, pria tersebut dikenal dengan nama Mbah Lasiyo,  Ia merupakan petani pisang di Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau yang kerap dipanggil Profesor Pisang, Sukses menangkarkan bibit pisang yang bernilai ekonomis.

Bahkan di halaman rumahnya, ada ratusan bibit varietas pisang dari berbagai daerah. Mulai pisang raja bagus, raja bulu dan kepok kuning, pisang ambon kuning, hingga pisang susu dan masih banyak lainnya.

Nah, untuk kata 'TUYUL' sendiri bukanlah berkaitan dengan makhluk mitos, namun ternyata mempunyai kepanjangan.

"Tuyul itu mitos, itu singkatan, "TUYUL" itu T adalah taat, U = usaha, Y = yakin, U = ulet (inovasi), L = lincah," jelasnya pada video tersebut.

Meskipun dirinya tak sekolah, pria ini memiliki banyak pengetahuan tentang tanaman pisang. Bahkan ia  Ia juga telah menerima banyak penghargaan dari lokal hingga internasional.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US