The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara, Ada Indonesia!
Ilustrasi pendidikan (unsplash.com/@napr0tiv)
Life

4 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara, Ada Indonesia!

Singapura menjadi yang terbaik

Senin, 30 Mei 2022 11:29 WIB 30 Mei 2022, 11:29 WIB

INDOZONE.ID - Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diraih. Tak hanya untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tertentu, namun juga untuk menjadikan seseorang lebih berkarakter dan bermoral. Maka itu, pendidikan menjadi hak yang wajib di dapatkan suatu warga negara.  

Dengan adanya alasan tersebut, setiap negara di dunia selalu berusaha dalam memberikan sistem pendidikan yang terbaik kepada masyarakatnya. Bahkan, beberapa negara dinilai memiliki sistem pendidikan terbaik. 

Di kawasan Asia Tenggara, sekiranya apa saja negara tersebut? Berikut ini daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara berdasarkan educations.com Country Ranking

Penilaian ini berdasarkan beberapa faktor, diantaranya, mudahnya warga negara dalam mengakses pengajaran berkualitas lebih tinggi, mencapai tujuan karir, pengembangan diri, pembelajaran mengenai budaya, bahasa, dan negara secara keseluruhan. 

1. Malaysia 

negara dengan sistem pendidikan terbaik di asia tenggara adalah
Ilustrasi University of Malaya (its.ac.id)

Dilansir dari educations.com Country Ranking, Malaysia miliki nilai 54.55 dari total skor 100. Malaysia dinilai cukup baik dalam pendidikan tingginya. 

Salah satu universitas terbaik di Malaysia adalah University of Malaya. Tahun 2022 ini, Universitas tersebut masuk dalam QS Asia University Ranking 2022 dan berada di peringkat 8 dengan nilai 94.9.

2. Thailand

negara dengan sistem pendidikan terbaik di asia tenggara adalah
Ilustrasi anak-anak Thailand bersekolah (unicef.org/thailand)

Masih dari sumber yang sama, negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara selanjutnya adalah Thailand.

Negara ini memiliki sistem pendidikan yang mewajibkan warga negaranya belajar 12 tahun dengan rincian SD 6 tahun, sekolah menengah 3 tahun, dan sekolah menengah atas 3 tahun.

Dalam educations.com Country Ranking, Thailand mendapatkan nilai 51.90 dari total score 100. 

3. Singapura

negara dengan sistem pendidikan terbaik di asia tenggara adalah
Ilustrasi univeristas di Singapura (suneducationgroup.com)

Selanjutnya, negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah Singapura. Negara ini selalu menjadikan pendidikan sebagai fokus utama sejak awal kemerdekaannya. educations.com Country Ranking memberikan Singapura nilai 51.70 dari total nilai 100. 

Bahkan, tujuan pendidikan dan pendidikan tinggi bukan hanya soal memperbanyak tenaga kerja lokal, tetapi sebagai sumber pendapatan pemerintah. 

Di tahun 2022 ini, pemerintahnya berencana membuat Singapura sebagai “Global Schoolhouse” agar mahasiswa secara internasional tertarik menjalani pendidikan di Singapura.

Dalam QS Asia University Ranking 2022, National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University menjadi representasi pendidikan tinggi terbaik Singapura. 

4. Indonesia 

negara dengan sistem pendidikan terbaik di asia tenggara adalah
Ilustrasi universitas di Indonesia (ugm.ac.id)

Educations.com Country Ranking memberikan negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara yang terakhir ini dengan nilai 47.22 dari total nilai 100. 

Tak jauh berbeda dengan Thailand, Indonesia juga mewajibkan warga negaranya belajar 12 tahun dengan rincian SD 6 tahun, sekolah menengah pertama 3 tahun, dan sekolah menengah atas 3 tahun.

Setelah pendidikan wajib 12 tahun, pendidikan tinggi menjadi salah satu sarana untuk melanjutkan pendidikan. Diketahui, terdapat beberapa universitas terbaik di Indonesia

Itulah negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara yang dapat kamu ketahui. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US